BALITAR.ID, Blitar – Hari Bumi dan Air sedunia diperingati oleh berbagai kalangan di sejumlah penjuru tempat. Seperti yang dilakukan oleh warga Soso, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Bertempat di wana wisata Blumbang Gede atau sering disebut warga sekitar dengan Telaga Nyunyur peringatan Hari Bumi dan Air kali ini diisi dengan kegiatan bersih-bersih serentak, Rabu (24/4/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar dan Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Jajaran Muspika Gandusari, Pemerintah Desa Soso dan berbagai elemen masyarakat di wilayah Kecamatan Gandusari.

Kepala Disparbudpora melalui Kabid Pengembangan Destinasi dan Usaha Pariwisata Disparbudpora Kabupaten Blitar Arinal Huda mengatakan, kegiatan berih-bersih serentak ini sangat positif sekali. Pasalnya Telaga Nynyur memiliki keindahan alam dan potensi wisarta yang sangat besar.

“Selama ini sebenarnya sudah ada embrio pengembangan destinasi wisata disana, akan tetapi untuk pengelolaannya warga sekitar mulai bergerak. Salah satunya kegiatan bersih-bersih serentak ini,” Tuturnya.

Menurutnya, warga sekitar Telaga Nyunyur sudah memiliki kesadaran akan besarnya potensi wisata yang ada.

Lokasinya cukup mudah dijangkau, yaitu sekitar 5 km arah utara Wlingi. Dengan udara yang sejuk di lereng Gunung Kelud, lokasi ini biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mencari ikan dan menikmati suasana alam.

“Kegiatan ini tujuannya selain bersih-bersih serentak juga untuk berkampanye pada masyarakat luas bahwa potensi wisata yang besar saja tidak cukup jika lingkungannya tidak dibersihkan,” tuturnya.

Mengingat akhir-akhir ini waduk-waduk dan telaga di beberapa tempat banyak dipenuhi oleh tumbuhan eceng gondok, maka kegiata bersih-bersih tersebut diharapkan bisa menyadarkan masyarakat sekitar.

Di Telaga Nynyur ini fasilitas sudah cukup memadai. Terdapat mushola, warung, kamar mandi dan aneka penunjuang tempat wisata. Sampai saat ini belum ada retribusi untuk memasuki kawasan ini karena terletak dipinggir jalan utama desa.

“Gak perlu jauh-jauh potensi yang sangat luar biasa ini mari kita jaga bersama, kalo lingkungan disini bersih mungkin pengembangan bisa kita kasih cano perahu-perahu kecil tentu wisata disini akan lebih menarik lagi,” sambungnya.