BALITAR.ID, Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar resmi mengukuhkan dan melantik 10 Pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah (Bapparda) Kabupaten Blitar yang baru dengan periode masa bakti tahun 2019-2021.

Bersamaan dalam agenda launching Paket Wisata Pelajar, pelantikan tersebut digelar di Kesambi Trees Park, Desa Jatilengger, Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Selasa (23/07/2019).

Turut hadir Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi Jawa Timur, Gatot Harjoso, Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar Suhendro Winarso, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjoko dan diikuti 400 orang dari HIMPAUDI, PGTKI, K3S, MKKS SMP dan Pelajar se- Kabupaten Blitar.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Parbudpora Suhendro Winarso mengatakan, Sebelumnya pengurus Bapparda yang lama telah habis masa baktinya pada Bulan November 2018. Maka sesegera mungkin harus digantikan oleh susunan pengurus yang baru. Perlu diketahui bahwa Bapparda yang dilantik kali ini merupakan anggota pengurus Bapparda yang baru dengan periode masa bakti tahun 2019-2021.

Sebelumnya, dalam perjalanan waktu kami Dinas Parbudpora berupaya untuk mengkomunikasikan hal ini bersama para tokoh-tokoh pariwisata di Kabupaten Blitar baik pemilik destinasi, travel, akademisi dan pegiat pariwisata bermusyawarah dan hari ini kami menginformasikan kepada Bupati bahwa Bapparda Kabupaten Blitar siap untuk dilantik dan dikukuhkan dan siap mengemban tugas,” tegas Suhendro.

Ia menambahkan, nantinya tugas Bapparda yang dilantik ini antara lain yang paling utama sesuai dengan amanat undang-undang, untuk meningkatkan citra pariwisata, bersinergi dalam menambah kunjungan wisatawan, melakukan riset dalam bidang pengembangan dan bisnis pariwisata di Kabupaten Blitar.

“Dalam waktu yang tidak terlalu lama, mungkin karena sangking semangatnya temen-temen Bapparda ini sudah uji coba, seperti kemarin Bapparda sudah menjual merchandise kaos untuk hari jadi Blitar yang gambarnya yakni logo Hari Jadi Blitar yang ke 695 dan ternyata peminatnya sangat banyak sekali. Selain itu, adanya Paket Wisata Pelajar yang kita launching hari ini juga berkat bantuan dari Bapparda Kabupaten Blitar yang dilantik hari ini,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi Jawa Timur, Gatot Harjoso menambahkan, tentunya sinergitas antara Disparbudpora Kabupaten Blitar, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar dan juga Bapparda yang sudah sangat bersemangat dalam Program Paket Wisata Pelajar ini tentu menjadi program yang sangat baik untuk pemasaran pariwisata di Kabupaten Blitar.

“Tentu kita dari BPPD Jawa Timur sangat bangga dengan dikukuhkannya Bapparda Kabupaten Blitar bersamaan dengan launching program paket wisata pelajar ini. Nantinya selain meningkatkan kunjungan domestik kami juga menargetkan kunjungan wisata di Jawa Timur di tahun 2020 bisa mencapai 20 juta kunjungan wisatawan,” terang Gatot.

Ia berharap, dengan kepengurusan Bapparda Kabupaten Blitar yang baru ini bisa menjadi partner dalam ikut menyukseskan target BPPD Provinsi Jawa Timur untuk mendatangkan 20 juta wisatawan di tahun 2020 mendatang.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Bupati Blitar Rijanto secara simbolis melantik dan mengukuhkan 10 anggota pengurus Bapparda Kabupaten Blitar yang diketuai oleh Akhsin Alfata. Bupati berharap kepengurusan Bapparda yang baru ini bisa membawa kemajuan bagi Kabupaten Blitar, utamanya untuk menambah kesejahteraan masyarakat.

“Dengan dilantiknya Bapparda Kabupaten Blitar yang baru ini, kami berharap dibawah kepemimpinan Akhsin Al Fata dan dari akademisi, pelaku rumah makan tarvel dan hotel, pemerhati wisata, maupun UMKM mampu menjadi mitra Kabupaten Blitar sehingg terbosan-terobosan untuk kemajuan wisata semakin meningkat dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” tutup Bupati.