BALITAR.ID, Blitar – Kemajuan teknologi informasi berkembang pesat. Bagai sebuah etalase, pengusaan teknologi informasi sebuah daerah dapat mempresentasikan salah satu kemajuan sebuah kabupaten atau kota.

Kali ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar kembali melakukan inovasi dalam teknologi informasi pada pelayanan masyarakat dengan menggunakan aplikasi berbasis aplikasi website atau android. Terbaru, Dinas Parbudpora meluncurkan aplikasi website ‘Sistem Data Aplikasi Promosi Pariwisata’ atau ‘SASMITA’.

“Untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat di bidang informasi data dan promosi pariwisata. Kali ini Disparbudpora Kabupaten Blitar kembali melakukan sebuah inovasi aplikasi website ‘Sistem Data Aplikasi Promosi Pariwisata atau’ atau disingkat ‘SASMITA’. Aplikasi ini adalah sebuah portal yang ditujukan untuk meningkatkan pelayanan Dinas Parbudpora dengan menyajikan data, informasi, dan promosi pariwisata di Kabupaten Blitar,” kata Kepala Dinas Parbudpora Suhendro Winarso, Senin (7/9/2020).

Menurutnya, aplikasi ini memiliki fungsi pelayanan terhadap wisatawan dan fungsi pelayanan pemerintah terhadap para pengelola usaha pariwisata disatukan dalam sebuah aplikasi berbasis website yang dikoneksikan pada media informasi dan promosi pariwisata.

“Pada website ini, pengunjung dapat melihat destinasi wisata, akomodasi, kuliner, event di Kabupaten Blitar dan juga disertai halaman news untuk mengetahui berita-berita tentang pariwisata di Kabupaten Blitar. Website ini dapat mempermudah wisatawan dalam perjalanan wisata dan mengetahui informasi pariwisata di Kabupaten Blitar,” paparnya.

Lebih lanjut Suhendro mengatakan, meski sempat vakum akibat pandemi covid-19, sektor pariwisata di Kabupaten Blitar saat ini mulai menggeliat kembali sejak diberlakukannya pembukaan destinasi wisata dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru dan protokol kesehatan yang ketat. Diharapkan nantinya dengan adanya aplikasi SASMITA ini secara bertahap sektor pariwisata di Kabupaten Blitar lekas pulih kembali.

“Perkembangan pariwisata Kabupaten Blitar saat ini yang semakin pesat, baik dalam jumlah dan jenis destinasi wisatanya. Meski harus vakum karena adanya pandemi covid-19, harapan kita dengan sinergitas antara pemerintah dan pelaku wisata, nantinya pariwisata Blitar bisa pulih kembali. Aplikasi SASMITA ini terdapat dua pengguna yang berperan dan memiliki fungsi yang berbeda dalam pengoperasian website ini yaitu Admin dan pengelola destinasi, hal itu untuk mempercepat akses data di tiap destinasi yang ada di Kabupaten Blitar,” tuntasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here