BALITAR.ID, Blitar – Pembinaan rutin Satuan Karya (Saka) Pariwisata Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Blitar kembali dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Selasa (7/7/2020).

Bertempat di ruang rapat Kantor Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, kegiatan ini diawali dengan pengukuhan kepengurusan baru Saka Pariwisata Pramuka Kabupaten Blitar, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi tentang krida-krida saka pariwisata.

Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar Agus Muntalib Setiawan selaku instruktur Saka Pariwisata Kabupaten Blitar mengatakan, Saka Pariwisata merupakan Satuan Karya Pramuka yang menjadi wadah pendidikan di bidang kepariwisataan. Pada kesempatan tersebut dia mengajak adik-adik anggota pramuka penegak untuk ikut bergabung di Saka dan berpartisipasi dalam mempromosikan pariwisata sebagai bentuk dedikasi terhadap daerah, bangsa dan negara.

“Saka Pariwisata ini merupakan salah satu Saka yang cukup diminati oleh adik-adik Pramuka di Kabupaten Blitar, oleh karena itu kita tergerak untuk memberikan penyegaran kembali tentang bagaimana kelembagaan Saka Pariwisata, dan juga penyampaian materi kepemanduan di era adaptasi baru ini,” jelas Agus saat ditemui BALITAR.ID usai menyampaikan materi kepariwisataan.

Pembinaan Saka Pariwisata yang merupakan pembinaan dan pendidikan untuk adik adik Pramuka dalam upaya menumbuh kembangkan minat dan bakat serta pengetahuan penyelenggaraan kepariwisataan yang berkelanjutan, pengelolaan perjalanan wisata dan pemanduan wisata, serta pemberdayaan masyarakat dalam rangka perwujudan sadar wisata dan aksi Sapta Pesona di sekitar destinasi pariwisata sebagai baktinya terhadap pembangunan masyarakat bangsa dan Negara.

“Adik-adik pengurus Saka Pariwisata yang rata-rata adalah pelajar ini kita harapkan mereka tahu tentang kepariwisataan, minimal di daerahnya. Hal ini artinya juga untuk mendukung program Bupati yakni Olas Kembar, Ojo Lungo Adoh Sak Durunge Kemput Blitar. Diawali dari tau tentang daerahnya, tau tentang potensinya, diharapkan adik-adik kita ini nantinya bangga dengan daerahnya dan mampu menjadi agen promosi sekaligus memberdayakan daerah,” tambahnya.

Lebih lanjut Agus menambahkan, pihaknya dijajaran instruktur akan terus mendukung kegiatan-kegiatan dari Saka Pariwisata agar terus berkembang dan berkelanjutan. Menurutnya keberadaan Saka Pariwisata merupakan salah satu bagian dari agen promosi untuk memperkenalkan berbagai potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Blitar.

“Tentu harapannya di pengurusan yang baru ini, kita harapkan lebih intens, lebih rutin dan reguler melakukan pembinaan, reguler mengadakan kegiatan untuk mengembangkan minat bakat di Saka Pariwisata ini dan juga nantinya mereka dapat berkembang dan berkelanjutan,” tuntasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here