BALITAR.ID, Blitar – Sempat vakum beberapa bulan karena terdampak pandemi covid-19, kini Paket Wisata Olas Kembar (Ojo Lungo Adoh Sakdurunge Kemput Blitar) Reguler dibuka kembali.

Paket wisata yang dirancang oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (Bapparda) Kabupaten Blitar ini dilaunching oleh Bupati Blitar Rijanto yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso di Kantor Pemerintah Kabupaten Blitar, Minggu (20/9/2020).

Kegiatan Paket Wisata Olas Kembar ini diikuti oleh para pelaku dan pegiat pariwisata Kabupaten Blitar, mulai dari unsur Bapparda, Blitar Tourism Community (BTC), Pengelola Destinasi, Biro Perjalanan Wisata, Guide, Kuliner hingga media influencer pariwisata Blitar.

Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan, launching Paket Wisata Olas Kembar Reguler ini merupakan program stimulus untuk menggeliatkan kembali sektor pariwisata di Kabupaten. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati Blitar No 556/563/409.103/2020 tertanggal 3 Agustus 2020 tentang Pembukaan Kembali Pariwisata New Normal dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Sesuai dengan edaran Bapak Bupati tanggal 3 Agustus 2020, tentang pembukaan kembali sektor pariwisata. Bagi destinasi yang sudah memenuhi syarat SOP protokol kesehatan, sudah diverifikasi dan mendapat rekomendasi dari Tim Gugus Tugas maka bisa membuka kembali destinasi wisatanya. Olas kembar ini adalah program reguler dari Bapparda dan sudah berjalan sebelum adanya pandemi covid-19. Hari ini kita buka kembali untuk menggeliatkan kembali sektor pariwisata di Kabupaten,” kata Suhendro saat ditemui usai memberangkatkan Paket Wisata Olas Kembar.

Dalam kegiatan launching Paket Wisata Olas Kembar ini para peserta diajak berwisata seharian penuh ke tiga destinasi wisata. Tujuan pertama di situs cagar budaya Candi Sawentar (Kecamatan Kanigoro), dilanjutkan ke Destinasi Blitar Park (Kecamatan Garum), dan destinasi terakhir Pantai Serang (Kecamatan Panggungrejo).

Peserta Paket Wisata Olas Kembar mengunjungi situs cagar budaya Candi Sawentar, Kanigoro, Kabupaten Blitar (Foto: Tim Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar)

Suhendro menambahkan, sektor pariwisata diharapkan bisa menjadi pionir untuk mengsosialisasikan penerapan protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru new normal live. Melalui Paket Wisata Olas Kembar ini diharapkan secara bertahap sektor pariwisata bisa segera pulih kembali dan ikut menyokong agenda pembangunan daerah Kabupaten Blitar. 

“Harapannya secara bertahap, nantinya pelan-pelan kita bisa bangkit dari keterpurukan. Sesuai arahan dari Pemerintah Pusat mengumumkan bahwa pademi ini belum berakhir, akan tetapi kita dituntut untuk bisa hidup di era new normal live berdampingan dengan covid-19. Tentunya bagi masyarakat yang ingin berwisata bisa berkunjung ke destinasi yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Gugus Tugas. Melalui Paket Wisata Olas Kembar kita ingin memulai dan memberi contoh bahwa di era adaptasi kebiasaan baru ini berwisata pun aman selama kita tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bapparda Kabupaten Blitar, Akhsin Al Fata mengatakan, untuk teknis pelaksanaan Olas Kembar sendiri pihaknya telah menyiapkan secara detail SOP protokol kesehatan bagi para wisatawan. Seperti halnya wajib menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh menggunakan termogun, pembatasan jumlah rombongan wisatawan, hinggaa social distancing di dalam kendaraan.

“Secara teknis kami sudah melakukan persiapan dengan mengumpulkan seluruh ketua stageholder mulai dari Pakubli, Paguyuban Destinasi, Ketua BPW, Ketua Guide mereka kita ajak untuk merumuskan paket New Olas Kembar Umum yang kita launching hari ini. Secara regulasi pemerintah bersama dengan Bapparda dan juga dengan komponen komponen lainnya turun lapangan untuk mengverifikasi bahwa destinasi yang akan dibuka itu memang sudah benar-benar menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Akhsin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here