BALITAR.ID, Blitar – Bupati Blitar Rijanto mengikuti upacara detik detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual di pendopo Ronggo Hadinegoro, Senin (17/8/2020).

Dalam momentum HUT Kemerdekaan RI ke- 75 itu Bupati Blitar didampingi Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo, Sekda, dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Blitar beserta jajaran Forkompinda Kabupaten Blitar.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Blitar Rijanto mengatakan sesuai instruksi pemerintah pusat, semua daerah diminta melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI secara sederhana di masa pandemi Covid-19. Tanpa mengurangi semangat kemerdekaan pelaksanaan upacara menyambut detik-detik Proklamasi Kemerdekaan dilaksanakan secara virtual dan menggunakan protokol kesehatan.

“Dahulu para pejuang selalu rela berkorban harta bahkan nyawa untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Semangat itu harus kita warisi untuk mengisi kemerdekaan dengan semua elemen. bekerja keras bahu membahu untuk mewujudkan Indonesia maju,” kata Bupati usai acara.

Bupati menjelaskan, sesuai tema yang diangkat yakni Dengan semangat hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan dan hari jadi Blitar” pihaknya berharap dapat melaksanakan pembangunan ekonomi masyarakat agar semakin kuat dan tangguh di tengah pandemi Covid-19.

“Harapan kita dengan semangat kemerdekaan Indonesia ini kita bisa segera bangkit dari pandemi. Oleh karena itu, mari kita selalu memelihara semangat untuk membangun daerah kita, Blitar,” tambahnya.

Upacara detik-detik proklamasi memperingati hari ulang tahun ke 75 kemerdekaan Indonesia secara virtual tersebut terlaksana secara sederhana tetapi sangat khidmat. karena dalam kondisi situasi wabah pandemi, semuanya disiplin mengikuti protokol kesehatan dengan ketat .

“Hari ini seluruh Masyarakat Indonesia memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 75, meski baru tahun ini disederhanakan akan tetapi hal itu tidak mengurangi semangat Kemerdekaan RI. Hari ini semua petugas upacara sangat baik sekali saya lihat,” tutur Bupati.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, melalui semangat HUT RI, warga negara Indonesia yang saat ini menghadapi pandemi covid 19 harus lebih semangat untuk memutus mata rantai pandemi Covid19. Itu supaya Covid 19 segera hilang dari negara Indonesia.

“Tentunya sesuai tema kita, kita bangun ekonomi masyarakat agar di tengah pandemik Covid 19 ini agar semakin kuat dan masyarakat sadar akan pentingnya protokol kesehatan,” jelasnya.

Sekedar diketahui, Sebelum mengikuti Detik Detik Proklamasi, Pemkab Blitar juga mengadakan upacara bendera di Kanigoro. Upacara bendera itu dilaksanakan secara sederhana dan mengikuti protokol kesehatan dengan ketat.

“Memang dengan situasi seperti ini peringatan hari ulang tahun proklamasi tetap kita adakan tetapi sederhana menyesuaikan dengan situasi covid 19. Semoga pandemi ini segera berlalu dan situasi negara kita lekas membaik,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here