Menyikapi kebuntuhan lomba burung yang banyak rehat lantaran pandemi akibat merebaknya virus corona (Covid-19), Komunitas Pring Kuning (KPK) Love Bird Blitar menggelar lomba secara online.


Mewabahnya virus corona memaksa masyarakat untuk menghindari kerumunan, harus jaga jarak (Social Distancing), Pembatasan Sosial Besar-Besaran (PSBB). Oleh karena itu, KPK (Komunitas Pring Kuning) Love Bird Blitar yang mempunyai ide untuk menggelar lomba burung khusus Love Bird secara live lewat facebook.


“Kenapa kita pilih khusus burung Love Bird, karena Love Bird main durasi. Alhamdulillah, lomba Love Bird secara live di FB ini sudah berjalan selama satu bulan, dan sudah bisa diterima publik, baik tata cara maupun penilaiannya,” kata Ribby KPK saat ditemui BALITAR.ID Senin (11/5/2020).


Pelaksanaan lomba online diselenggarakan di gantangan KPK Jln. Kaliurang, Pakunden Blitar. Lomba Online dibuka setiap hari, mulai jam 12.30 WIB sampai jam 17.00 WIB. Kecuali hari Senin dan Jum’at dibuka malam hari mulai jam 20.30 WIB sampai dengan selesai.

“Untuk lomba kita di FB group ‘Lomba Love Bird Live FB Indonesia’ dan untuk informasi lomba lewat goup WA yang bernama Info Lomba Love Bird Live, jadi setiap peserta harus lewat goup WA informasi ini,” tambah Ribby.


Menurutnya, lomba online ini sangat diminati oleh para pecinta Love Bird se Indonesia. Selain untuk menghindari kerumunan dan lebih fairplay, lomba online secara live juga memudahkan penjurian komplain bisa diputar ulang.

“peserta mendaftarkan akun FB yang akan melakukan live, biaya tiket bisa transfer untuk saldo sebesar Rp. 100.000,- tinggal minta tiket kelas apa. Jadwal dan nomor rekening sudah tertera di brosur, demikian juga info lombanya juga sudah tertera disana,” jelasnya.


Cara penilainnya yakni misalkan, kelas M1, untuk jam dan menitnya sudah dijadwalkan, jadi burung dishoot video live FB tepat bersamaan, lamanya shooting selama 6 menit, jika kurang dari 6 menit akan didiskualifikasi. “Jadi peserta yang lain, nantinya bisa membandingkan suara Love Birdnya dengan Love Bird juara, karena video bisa diputar ulang, dan terpantau detik demi detiknya,” paparnya.

Tata caranya yakni peserta menggantang burung dan melakukan siaran langsung di FB group dengan alamat ‘Lomba Love Bird Live FB Indonesia‘, aba-aba mulai penggantangan dilakukan oleh Mr. Riby melalui group WA, jadi semua peserta pada jam dan detik yang sama melakukan siaran langusng selama 6 menit, para juri yaitu: Nando KPK, Yoga KPK, Jaka KPK, akan memantau kinerja burung melalui nama akun masing-masing anggota. Setiap burung di pantau selama 6 menit, jadi kalau 10 burung berarti 1 jam. Sitem penilaian mengunakan pakem penjurian Independen Pring Kuning.


Rata-rata 1 kelas diikuti 15 burung, kalau Latpres bisa sampai 20 burung, pesertanya bisa mencapai 45 orang. Pada siaran langung, setiap peserta mencantumkan kelas apa yang diikuti, misal M1 A, Pemula, Reguler A dan sebagainya.
iakhir perhelatan, panitia mengumumkan hasil rekapan melalui group Whatsap.

“Untuk hasil rekap yang sudah keluar, jika ada peserta yang ingin menanyakan soal penilaian burngnya masing-masing, diharapkan memberikan kelas dan juga menit yang mana, nanti kita cek bersama-sama, karena sistem penilaian online, semuanya system terbuka, bahkan kita bisa melihat video burung rekan kita yang menang, kalau masih ada yang kurang puas bisa langsung japri ke panitia di lomba online ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here