BALITAR.ID, Blitar – Mendekati acara puncak peringatan Hari Jadi Blitar yang ke 695 dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Pemerintah Kabupaten Blitar akan menggelar event ‘Trotoar Blitar Festival’ di Pendopo Sasana Adi Praja Kantor Pemerintahan Kabupaten Blitar.

Event akbar ini akan dimeriahkan dengan penyambutan kedatangan rombongan Kirab Hurub Hambangun Praja mulai dari kantor DPRD Kabupaten Blitar menuju pusat Pemerintahan Kabupaten Blitar di Pendopo Sasana Adi Praja dikuti dengan Fashion Show Batik, Drum-Band, Parade Mobil Hias, Tarian Mubeng Blitar dan juga perform dari artis-artis lokal.

Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar Suhendro Winarso selaku penanggung jawab acara tersebut mengatakan, mendekati Hari Jadi Blitar yang ke 695 kali ini Kirab Hurub Hambangun Praja dengan tema ‘Kiblat Papat Limo Pancer’ pada tanggal 3 Agustus nanti akan sampai di Pendopo Sasana Adi Praja sebagai pusat Pemerintahan Kabupaten Blitar dan akan disambut dengan beberapa rangkaian acara.

“Kedatangan rombongan Kirab Hurub Hambangun Praja yang membawa Panji-panji Kabupaten Blitar, Kitab Sejarah dan Juga Damar Hurub Hambangun Praja ini akan memasuki pusat pemerintahan Kabupaten Blitar. Nantinya akan disambut dengan beberapa acara, disitu nanti ada festival dan carnaval diantaranya Fashion Show Batik Blitar, Drum-Band, Parade Mobil Hias, Tarian Mubeng Blitar disitu nanti Bapak Bupati akan melaunching nama baru kegiatan tersebut,” ungkap Suhendro pada BALITAR.ID, Minggu (28/07/2019).

Ia menambahkan, momentum pada tanggal 3 Agustus 2019 yang sudah mendekati puncak Hari Jadi Blitar tersebut akan digelar pada malam hari mulai pukul 18.30 WIB dengan tampilan-tampilan yang belum pernah diselenggarakan.

Fashion show batik ini akan dikemas dengan festival dan ada yang dikemas dengan acara karnaval, semuanya dilaksanakan malam hari dengan permainan lighting dan penyalaan obor Hurub Hambangun Praja dari Bupati,” sambungnya.

Pihaknya berharap event ini akan bisa memunculkan eksistensi Blitar agar semakin dikenal, lebih maju dan berdaya saing. Kegiatan ini tergolong unik, pasalnya Fashion Show Batik Blitar akan digelar disepanjang trotoar di depan Kantor Kabupaten Blitar sebagai panggung.

“Filosofi Pemerintahan Kabupaten Blitar, Hurib Hambangun Praja ini adalah semangat untuk membangun daerah atau masyarakat. Maka cirikhas pemimpin Kabupaten Blitar itu dekat dengan masyarakatnya, maka kita akan membuat konsep yang dekat dengan rakyat. Harapannya masyarakat bisa dekat dengan pemerintah dan kantor Pemkab Blitar ini bisa menjadi rumah untuk melayani segenap masyarakat Kabupaten Blitar,” pungkasnya.