BALITAR.ID, Blitar – Menjelang digelarnya kesenian Purnama Seruling Penataran 2019 di Candi Penataran, Selasa 16 Juli 2019 mendatang, Masyarakat sadar wisata di Desa Penataran dan juga Desa Wisata Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar menyediakan penginapan (homestay) berkonsep pedesaan.

Desa Penataran sendiri merupakan Kawasan wisata tematik yang menarik untuk dikunjungi. Selain terdapat Candi Palah atau Candi Penataran yang merupakan komplek candi terbesar di Jawa Timur disana juga terdapat tempat wisata menarik lainnya. Diantaranya kolam pemandian dewasa dan anak-anak, museum purbakala dan juga tempat wisata religi Masjid Syech Subakir.

Homestay Penataran sendiri dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Penataran yang diketuai oleh Binti. Tepmatnya tidak jauh dari komplek candi penataran, tepatnya di sebelah selatan pintu masuk Candi Penataran RT 01/ RW 07 Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Ketua Pokdarwis Penataran, Binti Fatimah mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 5 kamar homestay dengan fasilitas meliputi kamar tidur, toilet, kamar mandi yang sudah dilengkapi dengan shower air hanngat, wifi, ruang karaoke, mushola.

Untuk bisa menikmati seluruh fasilitas homestay tersebut tamu dikenakan tarif Rp.150 ribu perkamar. Tarif tersebut juga sudah termasuk fasilitas welcome dinner dan sarapan pagi.

“Di Penataran sendiri kita ada 5 Homestay yang masih kosong untuk 3 hari kedepan menjelang Purnama Seruling Penataran. Untuk memesan kamar homestay kita memasang tarif mulai Rp. 150 dengan fasilitas kamar dan bed tambahan, kamar mandi shower air hangat, free wifi, ruang karaoke, musholla dan termasuk welcome dinner plus kopi,” ungkapnya saat ditemui tim BALITAR.ID pada Jumat (12/7/2019).

Untuk informasi pemesanan homestay di Penataran bisa langsung menghubungi Contact Person 081555785222 (Binti Fatimah).

Selain penataran, kelompok sadar wisata Desa Wisata Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar juga telah menyeiapkan 40 kamar homestay milik warga dengan fasilitas yang tak kalah menarik. Tepatnya di Dusun Kemloko RT 01/ RW 01, Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Perlu diketahui, Desa Kemloko merupakan kawasan desa wisata yang menawarkan wisata budaya dan edukasi menarik. Desa ini menawarkan suasana pedesaan yang masih asri dan human interest masyarakatnya yang kental dengan budaya mataraman.

Ketua Pokdarwis Kemloko Fendi, mengatakan, selain menawarkan suasana pedesaan yang masih asri pengunjung yang menginap di Kemloko akan menemukan human interest dari masyarakat yang memiliki budaya mataraman yang masih sangat kental.

“Di Desa Kemloko juga menawarkan berbagai paket edukasi, mulai dari edukasi gula jawa, edukasi ikan hias dan ikan koi, edukasi macapat, kerajinan wayang kulit, kesenian reog bulkiyo dan juga budaya mataraman lainnya,” ucap Fendi.

Untuk memesan homestay di Kemloko pengunjung akan dikenakan tarif mulai dari Rp. 35 ribu/ orang. Harga tersebut sudah termasuk welcome dinner dan kopi pagi. Info Contact Person 085234108234 (Fendi).