Her Dinastya Desta Salyamadji baris paling kanan (024) perwakilan Kabupaten Blitar dalam seleksi Paskibra Nasional 2019

BALITAR.ID, Blitar – Melihat dari konsidi fisik dan kesiapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Kabupaten Blitar, Disparbudpora setempat yakin akan ada perwakilan putra/putri terbaik dari Blitar yang menjadi wakil di tingkat Nasional.

Kepala Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar Yudhi Eko Prasetyo mengatakan, dari enam orang putra dan putri yang di kirim dalam seleksi Paskibraka Provinsi beberapa hari lalu 1 orang perwakilan putri terpilih menjadi pasukan cadangan.

“Jadi yang kita kirim ke provinsi kemarin ada 6 orang yang terdiri dari 3 putera dan 3 puteri, dari hasil seleksi tersebut sepasang jadi paskibra tingkat Provinsi Jawa Timur dan sepasang lagi menjadi cadangan. Dari sepasang yang terpilih di tingkat provinsi tersebut 1 orang puteri terpilih ikut seleksi tingkat nasional dan mendapat predikat menjadi cadangan,” jelasnya.

Satu satunya perwakilan Kabupaten Blitar di tingkat nasional tersebut adalah Her Dinastya Desta Salyamadji asal SMA 1 Kesamben Kabupaten Blitar.

Meski demikian, Yudhi tetap optimis bahwa pihaknya akan bisa mengirimkan perwakilan paskibra Kabupaten Blitar ke Istana Negara.

“Bila yang inti berhalangan, bukan tidak mungkin cadangan yang akan diberangkatkan ke istana negara. Jika tidak, maka cadangan puteri tersebut akan bertugas menjadi pembawa baki pada upacara detik-detik proklamasi di Istana Grahadi Provinsi Jawa Timur” sambungnya.

Mengingat persiapan 6 orang paskibra Kabupaten Blitar yang dikirimkan ke provinsi kali ini cukup matang. Pertama menyiapkan fisik, kesehatan dan latihan-latihan, seperti PBB dan lain sebagainya. Disamping itu jumlah Paskibraka tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini sebanyak 84 rang yang akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu pasukan pada waktu pengibaran dan penurunan bendera pusaka. “Pada 17 Agustus nanti akan bertugas sebagai pasukan pengibar bendera merah putih dan kelompok satu lagi bertugas saat penurunan bendera,” tegasnya.

Sebelumnya ada sebanyak 304 Pelajar tingkat SMA, SMK dan MA Kabupaten Blitar, pada Senin (01/4/2019) telah mengikuti seleksi yang digelar Disparbudpora Kabupaten Blitar di Lapangan Serba Guna Pemerintah Kabupaten Blitar. “Dari seleksi itu terpilih 84 orang putra dan putri terbaik Kabupaten Blitar untuk bertugas sebagai Paskibraka pada 17 Agustus mendatang,” tandasnya.