BALITAR.ID, Blitar – Memperingati HUT GenPI Jatim dan GenPI Blitar, Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Blitar Raya menggelar ‘Srawung Genpi se-Jatim di Bumi Blitar Kawentar 2019’.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Bupati Blitar Drs. Rijanto MM yang diwakili oleh Asisten II Pemkab Blitar Tuti Komariati atas kedatangan tamu undangan dan komunitas GenPI se-Jatim di Gedung Graha Bhakti Budaya Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Oahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar. Rabu (01/05/2019).

Ikut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar Suhendro Winaro, Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) Andi Yuwono, Ketua GenPI Jatim Mohammad Fadil dan juga perwakilan komunitas pariwisata Blitar.

GenPI sendiri merupakan sebuah komunitas muda-mudi millennial dibawah bentukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia yang bergerak dalam lingkup program promosi wisata “go digital” yang tengah gencar dilakukan oleh Kemenpar sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia.

Anggota GenPi terdiri atas anak-anak (berjiwa) muda yang selama ini aktif melakukan promosi pariwisata melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter, instagram, path, dan lain lain. Karena fokus promosi dalam dunia digital maka anggota GenPi sering dijuluki ‘Laskar Digital Merah Putih’. Sosok itu sendiri menjelaskan arti lain GeNPI sebagai Gerakan Nusantara untuk Pariwisata Indonesia.

Dalam Kesempatan tersebut GenPI Jatim juga menggelar Rapat Kordinasi terkait struktur dan program kerja GenPI Jatim setahun kedepan.

Selain itu, rombongan GenPI jatim juga menyempatkan untuk berkunjung ke beberapa destinasi wisata utama Blitar diantaranya, Makam Bung Karno, Candi Penataran dan Juga Kampung Coklat. Kunjungan Fam Trip tersebut tidak lain juga untuk pengenalan dan juga promosi destinasi wisata di Blitar.

Kegiatan Srawung ini tidak hanya dimaknai sebagai sebuah perjumpaan saja. Akan tetapi dari srawung itulah ada bentuk rasa yang muncul, yakni belajar, menimba inspirasi dan ‘ngangsu kaweruh’ tentang pariwisata dari berbagai sudut pandang.