BALITAR.ID, Blitar – Masih dalam nuansa Hari Jadi Blitar yang ke 695 Pemkab Blitar adakan pagelaran kesenian wayang kulit dalam rangka memeriahkan Kirab Hurub Hambangun Praja di Kiblat Kulon tempat patilasan Prasasti Pandlegan (Pikatan), Desa Pikatan Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar  pada Senin malam (15/7/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Blitar Rijanto beserta Jajaran OPD dan Forkompimda Kabupaten Blitar. Dalam acara malam tasyakuran tersebut Bupati juga meresmikan Duplikat Prasasti Pandlegan (Pikatan)’ sebagai rangkaian Kirab Pusaka Hurub Hambangun Praja Tahun 2019.

Selain tamu undangan, warga sekitar Kecamatan Wonodadi begitu antusias menyaksikan rangkaian acara Malam Tasyakuran berupa peresmian Duplikat Prasasti Pandlegan (Pikatan) yang diiringi dengan kembang api, juga pasar rakyat di sepanjang jalan menuju Kantor Camat. Sebelum memberi sambutan dan membuka acara, Bupati Blitar menyerahkan penghargaan kepada dua warga Kecamatan Wonodadi yang dinilai mampu menjadi inspirasi di bidang ekonomi.

“Acara pagelaran wayang kulit di Kecamatan wonodadi merupakan rangkaian menuju Hari Jadi Blitar yang ke 695. Karena wonodadi merupakan kiblat dari tema Kirab Hambangun Praja yaitu ‘Kiblat Papat Limo Pancer’ dan Wonodadi merupakan Kiblat Kulonnya maka kita adakan pagelaran wayang kulit untuk menyambut Rombongan Pisoanan Agung Kirab Hambangun Praja,” ungkap Bupati.

Selain itu, dalam kesempatannya, Bupati menjelaskan tentang beragamnya potensi Kecamatan Wonodadi yang terdiri dari berbagai sektor, yaitu industri kerajian Batok Kelapa dan Wisata Gurami Seduri, juga budi daya Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang sudah diakui secara nasional milik kelompok asuhan mandiri Turi Putih di Kebonagung. Selain itu, Bupati juga memaparkan rangkaian #harijadiblitar695 yang telah digelar sebelumnya, berupa Festival Panji Nusantara dan Festival Penataran, serta Ludruk mBlitaran yang telah sukses dia perankan bersama jajaran Forkopimda. Acara ini ditutup dengan pagelaran Wayang dari Dwijo Kangko Jawa Tengah.

“Replika Prasasti Pandlegan di depan Kantor Kecamatan Wonodadi sekaligus menjadi penanda bahwa dulunya di Wonodadi ada Prasasti Pandlegan asli yang diyakini adalah prasasti pandeglang yang merupakan ditetapkannya Hari Jadi Kab Blitar tgl 5 agustus,” tambah Bupati.