BALITAR.ID, Blitar – Bupati Blitar Rijanto mengukuhkan kepengurusan perkumpulan pegiat wisata, Blitar Tourism Community  (BTC) di wisata Omah Londho, Desa Jimbe, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Kamis (17/9/2020).

Blitar Tourism Community merupakan organisasi perkumpulan pelaku dan penggiat pariwisata di Blitar Raya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Rijanto mengatakan, dengan dikukuhkannya organisasi Blitar Tourism Community (BTC) ini diharapkan mampu meningkatkan sinergitas para pegiat dan pelaku wisata dengan Pemerintah Kabupaten Blitar.

“Tentunya sangat luar biasa sekali, hari ini para pegiat dan pelaku pariwisata Blitar hari ini bisa berkumpul bersama untuk membentuk suatu organisasi Blitar Tourism (BTC) yang baru saja kita kukuhkan tadi. Harapan saya dengan adanya wadah perkumpulan para pelaku dan pegiat wisata ini bisa segera menggeliatkan pariwisata di Blitar Raya,” ungkap Bupati Rijanto usai mengukuhkan Blitar Tourism Community.

Bupati Blitar Rijanto mengukuhkan kepengurusan perkumpulan pegiat dan pelaku wisata BTC masa bakti 2020-2023 (Foto: Tim Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar).

Menurutnya, sektor pariwisata di Blitar raya memiliki potensi yang sangat luar biasa, mulai dari wisata alam, kuliner, sejarah, budaya hingga wisata buatan. Hal ini perlu diimbangi dengan adanya sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni untuk mempromosikan pariwisata dan potensi tersebut.

“Kita tau bersama potensi wisata di Blitar raya, baik kota dan kabupaten sangat luar biasa sekali. Untuk mengenalkan potensi itu tentunya diperlukan sinergi baik dari pemerintah maupun para pelaku wisata. Apalagi di situsi pandemi covid-19 ini, diharapkan dengan kehadiran BTC akan menambah semangat kita dalam mengelola wisata dan tentunya wisata di Blitar bisa segera menggeliat dan semakin maju,” jelas Bupati.

Sementara itu, Ketua Blitar Tourism Community, Yudi Afandi mengatakan, di masa pandemi seperti ini seluruh sektor, termasuk pariwisata mengalami perubahan yang luar biasa. Dibentuknya BTC ini diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat para pelaku dan pagiat wisata di Blitar Raya.

Perkembangan aspek pariwisata di Blitar sangat pesat sekali. Terutama  di masa new normal dan penerapan protokol kesehatan yang ketat ini, kita terpanggil untuk ikut ambil bagian dimana kami para pelaku dan pegiat pariwisata selalu berada di garis terdepan sebagai penggerak pariwisata di Blitar,” katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar Suhendro Winarso, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono, Bapparda Kabupaten Blitar dan juga pegiat dan pelaku wisata Blitar Raya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here