BALITAR.ID, Blitar – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendorong masyarakat setempat untuk menggunakan produk dalam negeri, terutama produk lokal sebagai salah satu strategi konkret pemulihan ekonomi Indonesia akibat wabah Covid-19.

“Di masa sulit seperti dalam situasi pandemi seperti ini, kita mendorong pegiat UMKM untuk semakin produktif lagi, kemudian kita juga mendorong masyarakat untuk bangga menggunakan atau membeli produk Indonesia, terutama produk-produk lokal,” ungkapnya di sela kunjungan pameran UMKM di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Sabtu (12/9/2020).

Khofifah mengemukakan, produk UMKM memiliki kontribusi sebesar 54 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur. Penggunaan produk-produk lokal diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat. Sehingga secara konkret dapat memutar kembali roda perekonomian di tengah pandemi covid-19.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat pameran UMKM di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar (Foto: Tim Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar)

“Kita mendorong masyarakat untuk Bangga Buatan Indonesia (BBI). Kita maksimalkan untuk bisa menyerap produk UMKM di Jawa Timur sehingga pergerakan ekonomi kita bisa beriringan dengan upaya untuk kesehatan masyarakat,” jelas Gubernur Khofifah.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Khofifah juga memuji produk-produk UMKM di Kabupaten Blitar. Diantaranya produk oleh-oleh khas, seperti jenang Rejowinangun dan batik ciprat Resapombo.

“Kita ketahui bersama produk olahan jenang dari Kabupaten Blitar menjadi buah tangan yang digemari wisatawan. Begitu juga batik ekoprint juga tidak kalah bersaing dengan industri tekstil internasional. Karena kekhasan produk-produk UMKM ini sangat eksklusif dan tidak akan ada yang sama dengan daerah lain. Saya rasa hal ini perlu didukung oleh pemerintah, terutama dalam hal pemasaran sehingga lebi luas lagi marketnya,” paparnya.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat pameran UMKM di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar (Foto: Tim Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar)

Sejalan dengan arahan Gubernur Khofifah, Bupati Blitar Rijanto menyampaikan bahwa untuk mendorong geliat UMKM, Pemkab Blitar sendiri melakukan Gerakan Ayo Bela dan Beli Produk Blitar. Hal ini direalisasikan dalam beberapa program yakni, menciptakan produk dengan kulaitas tinggi, bangga menggunakan produk Blitar, turut mempromosikan produk unggulan yang berkualitas.

“Untuk mendukung produk-produk lokal, kita memiliki jargon Ayo Bela Beli Produk Blitar. Selain kita mendorong masyarakat untuk lebih sejahtera, maju dan berdaya saing melalui produk-produk UMKM, seperti selama pandemi covid-19 ini kita mengadakan bantuan sosial daerah dengan membeli produk-produk lokal untuk disalurkan pada masyarakat kurang mampu,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here