BALITAR.ID, Blitar – Puncak peringatan Hari Jadi Blitar ke 695 berlangsung meriah di Aloon-aloon Kanigoro Kantor Bupati Blitar. Senin (05/08/2019) malam.

Acara tersebut ditandai dengan pagelaran kesenian wayang kulit semalam suntuk oleh Ki Dalang Purbo Asmoro dengan membawakan lakon ‘Amarto Binangun’. Sejumlah undangan meliputi pejabat yang tergabung dalam jajaran Forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blitar pun turut hadir memeriahkan acara tersebut.

Hiburan kesenian wayang kulit ini digelar sebagai rangkaian akhir peringatan Hari Jadi Blitar ke- 695 tahun 2019, setelah usai digelar ritual suci Pisowanan Agung Kirab Hurub Hambangun Praja di Pendopo Ronggo Hadinegoro Blitar.

Sebelum acara dimulai, Bupati Blitar Rijanto memberikan sambutan dan menyerahkan secara simbolis hadiah pemenang beberapa lomba yang diadakan Pemkab Blitar seperti Krenotek Tahun 2019, perlombaan desa/kelurahan tingkat kecamatan se- Kabupaten Blitar 2019 dan lain sebagainya.

Dalam kesempatannya Bupati Blitar mengingatkan kembali bahwa, peringatan Hari Jadi Blitar ke 695 kali ini Kirab Hurub Hambangun Praja dengan tema ‘Kiblat Papat Limo Pancer’ di kirab dilakukan ke seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar dengan menginap semalam di masing-masing Kecamatan dan juga diarak ke seluruh desa di Kabupaten Blitar.

“Yang dimaksud dengan Kiblat Papat Limo Pancer tersebut yaitu Pendopo Ronggo Hadinegoro sebagai pancer atau pusat dari Kabupaten Blitar. Kiblat Lor Candi Penataran di Kecamatan Nglegok, Kiblat Kulon Prasasti Pandelegan di Wonodadi, Kiblat Kidul Candi Simping di Desa Sumberjati, Kademangan dan Kiblat Wetan Prasasti Munggut di Desa Babadan, Wlingi. Candi Sawentar Kanigoro dan Pendopo Sasana Adhi Praja sebagai pusat Pemerintahan Kabupaten Blitar ini,” sambung Bupati.

Usai pemberian hadiah kepada pemenang lomba, Bupati memberikan sebuah wayang kepada Dalang Ki Purbo Asmoro sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang kulit.

“Dengan semangat ‘Hurub Hambangun Praja’ semangat yang menyala-nyala, mari bersama kita membangun daerah yang lebih baik. Sebagaimana pesan pada lakon wayang kulit ‘Amarto Binangun’ yang kurang lebih memiliki arti semangat yang menggelora memberikan yang terbaik bagi masyarakat melalui pembangunan daerah yang baik,” ungkap Bupati.

Selain itu, Rijanto berterimakasih kepada seluruh jajaran Forkopimda Blitar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga elemen masyarakat Kabupaten Blitar yang telah berkontribusi membangun Kabupaten Blitar yang semakin unggul dan berdaya saing.

Dia berharap semoga kegiatan yang dikemas dengan edukasi wisata, kedepan bisa dikembangkan secara optimal untuk memantik perhatian wisatawan nasional hingga international bertandang ke Kabupaten Blitar untuk mengunjungi destinasi kebanggaan Kabupaten Blitar.

“Semoga tahun-tahun mendatang bisa dikemas menjadi lebih baik lagi. Ini sangat bermanfaat untuk pemerintah dan masyarakat Kabupaten Blitar,” tutup Bupati.