BALITAR.ID, Blitar – Di era modern seperti ini, anak-anak usia dini perlu sekali mendapatkan pendidikan yg cukup agar menjadi bekal mereka di masa depan. Pendidikan yang didapat tidak melulu melalui lembaga pendidikan yang disediakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. Tetapi bisa juga melalui pengetahuan yg diberikan di luar lingkungan sekolah formal, terlebih untuk anak-anak usia dini. Banyak media elektronik yang bisa memberikan pengetahuan kepada anak-anak seperti Televisi. Atau bahkan dengan peralatan elektronik modern seperti Komputer dan Handphone dapat membantu menambah pengetahuan si anak melalui berbagai fitur gadget yang tersedia.

Tetapi memberikan pendidikan pada anak-anak diusia dini bukanlah hal yang mudah, bergelung dengan gadget akan membuat anak-anak cepat merasa bosan dan penggunaan jangka panjangnya akan berakibat memunculkan sifat anti sosial pada anak-anak. Anak-anak perlu bersosialisasi dengan berbagai macam orang terutama yang seumuran untuk membentuk kepribadian mereka tanpa takut harus kehilangan waktu untuk memberikan edukasi pada anak.

Solusi paling mudah untuk memberikan edukasi tanpa harus takut mempengaruhi kepribadian anak adalah dengan mengajak anak berwisata di tempat wisata yang tentu saja mengandung unsur edukasi didalamnya. Salah satunya adalah pergi ke Wisata Edukasi Negeri Dongeng yang terletak di Desa Kawedusan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

Di Negeri Dongeng ini, terdapat miniatur 7 keajaiban dunia yang tentu saja cocok sebagai media edukasi bagi anak-anak. Miniatur keajaiban dunia yang tersedia di lokasi wisata ini adalah Patung Liberti, Candi Borobudur, Monumen Nasional, Menara Pisa, Menara Eiffel, Patung Spink, Piramida, dan Kincir Angin Belanda.

Tak hanya itu saja, disini juga terdapat lokasi Spot lain seperti Sepeda Udara dan Karpet Terbang Aladin yang seru dan menarik. Tak hanya untuk anak-anak, lokasi ini juga cocok dikunjungi oleh kawula muda karena disini ada spot ber-selfie ria yang instagramable seperti Rumah Terbalik dan cafeteria dengan latar belakang hamparan sawah pertanian di lereng Gunung Pegat yang bisa memberikan efek foto lebih terlihat natural. Selain itu masih ada fasilitas bermain seperti bianglala ukuran raksasa, playground mandi bola untuk anak-anak, dan fasilitas edukasi seperti menggambar dan mewarnai pada media sterofoam. Spot Game Machine juga disediakan di lokasi ini, yakni Dingdong Machine. Kolam renang juga menjadi salah satu fasilitas lain yang disediakan, yang bisa dikunjungi untuk menghilangkan rasa gerah setelah berkeliling dan bermain bersama keluarga.

Setelah lelah bermain, berkeliling dan ber-selfie maupun ber-wefie ria, perut yang keroncongan pun masih dimanjakan dengan spot wisata kuliner yang yummy. Ada area untuk relaksasi juga yakni Terapi Ikan. Sehingga para orang tua bisa menunggu anak bermain dengan merendam kaki dalam kolam yang dipenuhi ikan-ikan kecil. Spot ini sangat cocok buat ibu-ibu dan remaja wanita yang memperhatikan kesehatan kulit mereka, karena kulit mati akan dieksfoliasi oleh ikan-ikan kecil dalam kolam. Tapi tak hanya untuk kaum perempuan, spot ini juga cocok untuk kaum pria karena proses eksfoliasi kulit mati oleh ikan-ikan kecil ini bisa menghilangkan segala bakteri dan kuman yang menempel pada kulit mati, sehingga mencegah terjadinya gangguan penyakit kulit.

Fasilitas Kamar Mandi yang disediakan tempat wisata ini juga cukup bersih dan mampu menunjang kenyamanan pengunjung. oleh sebab itu, lokasi ini sangat direkomendasikan buat para orang tua yang ingin mengajak putra-putrinya belajar sambil bermain, serta lokasi ini juga cocok buat para remaja maupun dewasa yang mencari spot fotografi kekinian dan meredakan stres bagi mereka yang memiliki jam kerja yang cukup padat.