BALITAR.ID, Blitar -Bagi kalian traveler mungkin liburan ke pantai dan gunung sudah hal yang biasa. Tentunya kalian harus mencoba pengalaman baru dengan berkunjung ke wisata herbal yang satu ini.

Ya, ‘Kampung Toga Turi Putih’ di Dusun Kebonagung RT. 05 / RW. 01 Desa Kebonagung, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar ini cocok untuk dikunjungi. Terutama pada waktu luang untuk menambah pengetahuan kalian Traveler akan manfaat berbagai tanaman obat lebih dalam lagi.

Kampung ini memiliki ratusan jenis toga (tanaman obat keluarga) mulai dari kumis kucing, stevia serta produk herbal dengan harga terjangkau. Teman Traveler dapat berjumpa dengan berbagai olahan tanaman herbal dalam bentuk teh, sirup, juga permen.

Uniknya disini traveler tak perlu bingung untuk mengetahui manfaat masing-masing toga yang ada disana, karena setiap tanaman dilengkapi keterangan nama beserta khasiatnya. Menariknya lagi, jika ada warga yang menderita penyakit mereka bisa mengambil serta menggunakan tanaman yang ada di sini secara gratis.

Pada awalnya, kampung ini berdiri atas usaha dan kerja keras salah seorang warga setempat bernama Nur Tajiaturrohmah yang awalnya hanya ingin membantu mengatasi permasalahan ekonomi dengan memanfaatkan tanaman-tanaman herbal yang tumbuh di sekitar lingkungan tempat tinggal beliau.

“Awalnya saya melihat potensi di Desa Kebonagung itu sangat melimpahnya tanaman empon-empon gak begitu dimanfaatkan masyarakat, akhirnya saya berfikir untuk diproduksi untuk minuman herbal. Dari situlah saya punya ide untuk mengembangkan berbagai macam toga,” terang Nur Nur Tajiaturrohmah saat ditemui BALITAR.ID.

Inisiatif Nur ini muncul karena rasa keprihatinan beliau terhadap kebiasaan masyarakat era sekarang yang selalu bergantung pada fasilitas medis seperti pergi ke dokter untuk masalah kesehatan yang terkadang tidak terlalu berat.

Dia juga melihat banyaknya konsumsi minuman dan makanan kemasan instan yang tidak sehat, yang pastinya mengandung banyak zat natrium yang jika dikonsumsi setiap hari bisa mengakibatkan penyakit berat seperti kanker.

Berawal dari bentuk keprihatinannya akhirnya ide-ide kreatif muncul, seperti membuat makanan dan minuman berbahan dasar tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat tersebut.

“Dari situlah muncul ide inisiatif untuk membuat minuman herbal, akhirnya saya menampung dari kebun” kosong tetangga, saya suruh bawa ke tempat saya. Dari situlah warga mau ngopeni tanaman-tanaman toga tersebut,” ujar Nur.

Melihat berbagai manfaat besar yang didapatkan dari tanaman-tanaman herbal ini, usaha yang dirintisnya sendiri pada awal 2013 ini sekarang telah meluas dan merambah ke lingkungan sekitarnya. Mulai dari proses budidaya hingga prosedur penjualan produk dengan system titip jual mulai berkembang ke lingkungan sekitar beliau.

Bahkan Nur sendiri sering mendapat kunjungan dari pihak Dinas Kesehatan untuk melakukan berbagai seminar sosialiasi tentang pentingnya tanaman obat keluarga beserta manfaatnya. Selain itu Ibu Nur ini juga tergabung dalam POKDARWIS, sehingga beliau bisa memiliki paket wisata sendiri yang diperuntukkan bagi pelajar-pelajar SD, SMP, SMA hingga tingkat Mahasiswa.

Tentu saja salah satu tanaman herbal yang menjadi ikon di kampung toga ini adalah tanaman turi putih. Di Kampung Toga ini, pengunjung bisa mencicipi berbagai olahan lezat yang tentu saja dibuat dari tanaman obat keluarga seperti turi putih, keripik, jus herbal dll.

Selain itu, traveler juga akan disuguhkan berbagai informasi mengenai prosedur pembudidayaan tanaman toga.

“Jika sebelumnya kita tidak banyak tahu tentang manfaat tanaman toga, disini kita bisa tahu tentang manfaat tanaman toga mulai dari akar hingga daunnya. Bahkan untuk beberapa orang yang tidak asing dengan tanaman toga pun akan mendapatkan pengetahuan baru seperti prosedur penanaman yang benar, hingga pengolahan tanaman toga,” sambungnya.

Menurut Nur, yang tentu saja telah berpengalaman dengan budidaya tanaman toga ini, meskipun tanaman toga ini aman dikonsumsi, tetapi tetap diperlukan dosis yang tepat untuk penggunaanya.

Informasi yang diberikan akan sangat memberikan manfaat bagi masyarakat yang selama ini tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam mengolah dan mengkonsumsi tanaman herbal.

Bagi kalian traveler yang ingin tahu lebih dalam tentang berbagai Tanaman herbal, bisa berkunjung ke Kampung Toga langsung ke alamat nya yakni di  Dusun Kebonagung RT. 05 / RW. 01 Kebonagung 2, Kebonagung, Jawa Timur.