BALITAR.ID, Blitar – Komitmen untuk menumbuhkan kreativitas para pemuda terus didukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar. Beragam program kegiatan diluncurkan Pemkab Blitar melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) untuk menggali potensi kaum millenial.

Hasilnya sederet prestasi dan kreativitas kaum muda terus bermunculan dari daerah yang terkenal dengan sebutan Bhumi Laya Ika Tantra Adhi Raja, atau bumi disemayamkannya raja-raja besar tersebut.

Peran dan kreativitas pemuda tersebut dibedah secara tuntas melalui webinar yang digelar Keluarga Siswa dan Mahasiswa Blitar di Yogyakarta (Kesmalita) dan Pemkab Blitar pada Kamis (10/9/2020). Webinar Millenial Future Agenda dengan tema ‘Menyongsong Pusaran Industri Kreatif bagi Millenial’.

Webinar ini dibuka oleh Bupati Blitar Rijanto yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Eko Susanto dan beberapa menghadirkan tiga narasumber. Yakni Agus Muntalib Setiawan (Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar), Agung D Pinario (Blitar Youth Festival), Taufan Perdana D (Owner de CLASSE Gelato & Coffee).

Ketua Panitia Webinar Kesmalita Nepo Erbianto mengatakan, webinar yang digelar kali ini mengusung tema ‘Menyongsong Pusaran Industri Kreatif bagi Millenial’, untuk mendukung kaum millenial guna menggali potensi industri kreatif di Kabupaten Blitar. Diharapkan dari webinar ini kita dapat memberikan sumbangsih ide dan pemikiran bagi kaum millenial di Kabupaten Blitar.

“Mengapa fokus kita ke kaum millenial, karena kita tahu Indonesia saat ini mengalami bonus demografi yang harus dimanfaatkan untuk memunculkan ide-ide kreatif sehingga bisa membawa perubahan bagi daerah Kabupaten Blitar semakin maju,” katanya.

Menurutnya, Pemkab Blitar sendiri sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan-kegiatan terkait kepemudaan. Peluang tersebut harus dimanfaatkan untuk ikut berkontribusi memajukan daerah Kabupaten Blitar.

“Pemkab sendiri sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, kita difasilitasi untuk bekerjasama dengan Dinas Parbudpora lalu juga Dinas Kominfo, hal itu menjadi bukti bahwa Pemkab menyambut baik kegiatan-kegiatan positif bagi para millenial,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Agus Muntalib Setiawan dalam paparannya menyampaikan, untuk menyambut bonus demografi saat ini tentu perlu adanya sinergi antara pemerintah di ranah kebijakan dan juga ide kreatif dari para pemuda. Sehingga nantinya program-program pemerintah daerah bisa berjalan tepat pada sasaran.

“Berbicara millenial dan kreatifitas tentu menjadi suatu hal yang tidak bisa dipisahkan, hal itu tentu harus dikelola dua-duanya. Tidak hanya menjadi tugas pemerintah untuk menjalankan program-program yang tepat sasaran, tetapi untuk menyambut bonus demografi ini para millenial juga harus menjadi pemuda kreatif yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan tentu tidak harus bersaing berebut pekerjaan di perusahaan,” jelasnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, menyongsong era revolusi industri yang terus berkembang pasca pandemi covid-19 nantinya, perlu disiapkan generasi-generasi yang mampu memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah serta bisa menjadi solusi dan jawaban bagi setiap permasalahan yang ada di masyarakat.

“Saat ini kita perlu menyiapkan generasi millenial sekarang dan juga generasi ke depan yang akan masuk millenial nantinya. Jadi mulai dari generasi yang masih duduk di bangku SD dan SLTP saat ini perlu kita arahkan untuk berfikir kreatif dan memiliki jiwa entrepreneurship. Sehingga pada usia produktif nantinya mereka sudah bisa berfikir kreatif. Selain itu, melalui kegiatan seperti ini diharapkan kita bisa memetakan trend kreatif yang ada, sehingga program-program pemerintah bisa berjalan tepat sasaran,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here