BALITAR.ID, Blitar – Mungkin selama ini destinasi wisata di Blitar masih jarang dikenal wisatawan Nusantara. Salah satunya, pantai tersembunyi di kawasan pesisir selatan Jawa Timur yang satu ini.

Pantai dengan hamparan pasir putih dan pemandangan yang menawan dan masih sangat jarang dikunjungi wisatawan. Ya, pantai ini bernama Peh Pulo.

Nama pantai ini memang terdengar asing. Belum banyak wisatawan yang pergi berekreasi ke Pantai Peh Pulo. Akan tetapi pantai ini banyak dikenal sebagai Raja Ampatnya Blitar.

Sekilas pantai ini mirip dengan pantai Raja Ampat di papua. Pantai Peh Pulo memiliki panorama keelokan pantai yang hampir sama. Pantai dengan pasir putih yang terhampar, dilengkapi dengan pulau-pulau kecil di depannya. Benar-benar mirip Raja Ampat yang berada di Jawa Timur.

Pantai ini mempunyai ombak yang besar seperti pantai selatan pada umumnya. Namun, ada benteng-benteng besar yang menghalangi ganasnya ombak tersebut sampai ke pantai, yakni deretan pulau-pulau kecil yang ada di depan. Secara alamiah, pulau kecil yang ada menjadi pelindung. Anda tidak akan dibuat takut oleh besarnya sapuan air laut.

Asal usul nama Peh Pulo ini menurut ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Peh Pulo Rois mengatakan, Peh Pulo diambi dari nama gugusan pulau yang ada di depan pantai ini yaitu pulau peh.

“Awalnya untuk menuju pantai Peh Pulo ini dulu belum ada akses dan masih hutan belantara. Jadi aksesnya pun masih sangat sulit dijangkau,” ungkap Rois saat ditemui BALITAR.ID.

Pantai ini bisa dikatakan masih sangat perawan, baru pada sekitar tahun 2006 lalu dibuka akses jalan dan diresmikan menjadi destinasi wisata oleh Bupati Blitar pada tahun 2010 lalu.

Pantai ini terletak di Dusun Pehpulo, Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

Untuk menuju pantai Peh Pulo ini, traveler membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota. Masih satu arah dengan pantai Serang, di pertigaan menuju desa Sumbersih anda akan menemukan petunjuk arah menuju pantai Peh Pulo ini.

Salah satu penujung yakni Arni asal Malang mengatakan, ia sengaja datang bersama rekan-rekannya ke Pantai Peh Pulo ini. Menurutnya ia baru pertama kali mengujungi pantai ini. Ia merasa penasaran dengan foto yang diunggah beberapa netizen di media sosial.

“Memang saya penasaran ketika saya melihat salah satu foto di medsos yang menujukan foto Pantai Peh Pulo. Pemandangannya sangat indah. Akhirnya cari alamatnya dan berkunjung ke sini,” katanya.

Arni mengatakan, ternyata Pantai Peh Pulo lebih indah dari foto yang unggah netizen di medsos. Menurutnya jarak tempuh menuju pantai ini memang cukup jauh. Selain itu ia juga dihadapkan dengan medan sulit. “Namun ketika sampai di lokasi rasa capek terbayar lunas,” tutupnya.