BALITAR.ID, Blitar – Indonesia terkenal sebagai Negara dengan bermacam-macam buah-buahan eksotis. Blitar sendiri menjadi salah satu Kota/Kabupaten peng-impor buah-buahan segar ke beberapa kota di Indonesia. Letak geografis  Blitar menyebabkan suhu dan cuaca di daerah ini cocok untuk dijadikan lahan pertanian dan perkebunan. Salah satu tanaman yang menjadi keistimewaan Blitar saat ini adalah tanaman jambu.

Jambu di kalangan masyarakat umum hanya dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat menyembuhkan penyakit demam berdarah. Padahal jambu memiliki banyak kegunaan karena kandungannya yang cukup banyak, yakni Vitamin C dan Zat Besi yang cocok untuk menyembuhkan penyakit influenza, Zat Astringen yang bisa untuk mengobati diare, Likopen yang berkhasiat mencegah penyakit kanker, serta Potassium yang manjur untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan yang ada dalam buah jambu juga berfungsi untuk merawat kesehatan gigi, merawat kulit, menurunkan berat badan dan kadar gula, mencegah sembelit, serta ampuh untuk sariawan perut.

Oleh sebab itulah, POKDARWIS dengan penuh semangat mengelola dan mengembangkan sebuah lokasi wisata edukasi petik buah yang layak menjadi destinasi istimewa untuk liburan bagi para putra-putri yang masih menempuh pendidikan, atau bagi wisatawan yang hendak mencicipi ke-eksotis-an jambu segar khas Blitar. Lokasi nya bernama KAMPUNG JAMBU. Terletak di Desa Karangsono Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.

Kampung Jambu ini dibentuk oleh kelompok petani jambu merah di Desa Karangsono, dengan tujuan agar para petani buah dapat menjaga kestabilan harga saat musim panen tiba. Kampung Jambu ini merupakan sentra buah jambu merah segar. Disini juga merupakan lokasi perkumpulan para petani buah dan pembeli. Mulai dari tengkulak – pasar/kios buah – penjual buah di outlet – hingga konsumen langsung. Di Kampung Jambu, wisatawan akan mendapatkan berbagai informasi seputar budidaya jambu merah, mulai dari proses awal penanaman, perawatan, panen dan hingga proses pemasaran. Di Kampung Jambu ini, wisatawan bisa mencicipi langsung buah jambu segar yang dipetik lansung dari pohonnya, selain itu wisatawan bisa mencicipi berbagai makanan olahan yang berbahan dasar buah jambu merah segar. Sehingga memudahkan wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga dirumah secara praktis. Wisatawan yang mungkin malas mencicipi buah secara langsung tidak perlu khawatir, karena disini tersedia jus buah jambu yang tentunya 100% alami dan fresh hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp. 7000,00 per porsinya.

Untuk bisa berwisata ke lokasi ini dan merasakan semua fasilitas dari Kampung Jambu, silahkan menghubungi POKDARWIS sebagai penyedia layanan paket wisata edukasi ini dan biarkan si buah merah ini meredakan dahaga anda.