BALITAR.ID, Blitar – Pantai-pantai di Blitar selalu punya cara untuk menarik perhatian wisatawan. Setiap pantai memiliki ciri khas dan karakter masing-masing.

Pantai Tambakrejo misalnya karena pantainya yang luas, Pantai Pasetran Gondo Mayit terkenal dengan pasirnya yang putih bersih, kemudian ada lagi Pantai Pantai Peh Pulo dengan julukan raja ampatnya Blitar, Pantai Pangi dengan hamparan batu karangnya yang membentang. Tak ketinggalan, tentunya Pantai Serang.

Serang merupakan salah satu pantai yang sempurna untuk menikmati sunset. Pantai Serang merupakan sebuah pantai yang berada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pantai ini terletak kurang lebih 45 km sebelah tenggara Kota Blitar.

Dengan keunggulan sebagai spot sempurna untuk melihat sunset, pantai Serang menyediakan tempat untuk bersantai di saat petang hingga malam hari ditemani santapan istimewa.

“Sunset Dinner ini kita sudah adakan beberapa kali, mungkin paket ini bisa menjadi referensi paket wisata seperti sunset dinner seperti di Jimbaran Bali. Jadi tidak usah jauh-jauh ke Bali untuk menikmati suasana sunset dinner,” kata Handoko, Kepala Desa Serang saat ditemui BALITAR.ID Rabu (24/10/2019).

Di bulan-bulan Oktober hingga November seperti saat ini, pelataran tepi Pantai Serang menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati sunset dengan ditemani olahan-olahan seafood. Kursi-kursi dan meja makan tersusun rapi dengan view menghadap ke pantai.

Menurut Handoko, untuk menikmati suasana makan malam ala sunset di Jimbaran seperti ini wisatawan harus memesan paket serang sunset dinner terlebih dahulu. Karena paket sunset dinner ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Serang.

“Biasanya kita adakan sunset dinner ini ketika dapat tamu. Seperti kemarin tamu dari Jakarta dua kali mencoba paket ini, jadi sangat pas dengan konseps kita. Jadi di Blitar Raya yang paling istimewa sunsetnya di Pantai Serang ini,” ungkapnya.

Hidangan olahan seafood di Serang terbilang lengkap. Disini tersedia ikan bakar, udang, lobster, kepiting, kerang, dengan berbagai pilihan bumbu dan sayuran. Untuk menikmati sensasi sunset dinner ini pengunjung cukup membawa minimal 5 orang untuk bisa memesan paket ini.

“Saat bulan-bulan Oktober November seperti ini sunsetnya pas tepat di tengah-tengah. Jadi mulai masuk bulan penghujan itu sunsetnya paling istimewa. Untuk menu sebenarnya hampir sama, jadi seafood, ikan bakar, kakap, kerapu, lobster, cumi, udang minumnya es degan,” ungkap Handoko.