BALITAR.ID, Blitar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar menggelar pagelaran wayang kulit di setiap Kecamatan yang disiarkan secara online live di sosial media Pemkab Blitar. Hal ini dilakukan, sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap para seniman lokal.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pariwisata Kabudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar, Hartono mengatakan tujuan utama dilaksanakannya gelaran wayang kulit ini sebagai bentuk perhatian kepada para seniman dan dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40 Tahun 2020 tentang pedoman di masa adaptasi kebiasaan baru dalam mencegah dan mengendalikan laju Covid-19. Mengingat hingga kini musibah corona masih belum bisa diprediksi kapan berakhirnya.

“Pagelaran wayang kulit yang digelar di masing-masing kecamatan ini digelar secara daring atau onlin. Hal ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah kepada para seniman lokal,” kata Hartono, Kamis (3/9/2020).

Menurutnya, pagelaran wayang kulit ini sebagai bentuk perhatian kepada para seniman dan dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40 Tahun 2020 tentang pedoman di masa adaptasi kebiasaan baru dalam mencegah dan mengendalikan laju Covid-19.

“Pandemi covid-19 ini belum bisa dipastikan dan diprediksi kapan berakhirnya. Oleh sebab itu kita terus gencarkan sosialisasi, khususnya kepada kalangan seniman. Untuk pagelaran wayang kulit ini ada catatan, yakni pelaksanaanya terbatas serta penerapan protokol kesehatan yang ketat,” tegasnya.

Lebih lanjut Hartono menambahkan, pagelaran wayang kulit yang diselenggarakan di beberapa Kecamatan waktunya berbeda-beda. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak datang ke lokasi pertunjukan. Masyarakat diimbau untuk menyaksikan pertunjukan melalui online.

“Melalui pagelaran kesenian tersebut Pemkab Blitar ingin mengsosialisasikan pencegahan penularan virus corona menggunakan berbagai kegiatan. Namun dengan catatan, pelaksanaannya terbatas serta mengedepankan protokol kesehatan dengan ketat. Pagelaran seni budaya daerah ini diselenggarakan di beberapa Kecamatan waktunya berbeda – beda dan masyarakat tidak perlu datang ke lokasi. Cukup saksikan pagelaran ini secara online. Pertunjukan akan disiarkan langsung secara daring melalui streaming You Tube,” tuntasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here