BALITAR.ID, Blitar – Peringatan Bulan Bung Karno oleh Pemkab Blitar tetap dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Namun demikian kegiatan ini digelar dengan sederhana dan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

Rangkaian Peringatan Hari Lahir Presiden Pertama RI Ir. Soekarno (Bung Karno) ke 119 diisi dengan kegiatan ziarah di Makam Bung Karno, Diskusi Webinar, Pentas Seni, Peragaan Busana dan kegiatan Macapatan di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Jumat (6/6/2020).

Sejumlah pertunjukan dihadirkan di acara Pentas Seni, mulai pemutaran video pendek perjuangan Bung Karno yang dibuat tim kreatif Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar yang menampilkan profil Kabupaten Blitar dan perjuangan Bung Karno.

Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebyar-Kebyar yang diikuti Bupati Blitar, Rijanto bersama peserta pentas seni. Ada juga pertunjukan Tari Senam Mentari Nusantara dari Sanggar Tari Pendopo.

Selain itu, ada pertunjukkan fashion show dari Blitar Youth Festival serta pertunjukan musik akustik.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar, Rijanto mengatakan rangkaian acara peringatan Bulan Bung Karno dimulai sejak pagi. Yakni diawali dengan kegiatan ziarah di Makam Bung Karno dan dilanjutkan bakti sosial pembagian nasi bungkus kepada masyarakat.

“Kali ini kita juga adakan webinar soal menghadapi new normal dan dilanjutkan acara pentas seni oleh para millenial di Kabupaten Blitar. Nanti malam ada kegiatan macapat untuk peringatan Bulan Bung Karno,” jelas Bupati.

Dikatakannya, semua kegiatan peringatan Hari Lahir Bung Karno tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kegiatan itu disuarakan langsung melalui media sosial YouTube resmi Pemkab Blitar.

“Tidak mengurangi semangat di Hari Lahir Bung Karno ini kita siarkan langsung via YouTube, agar masyarakat bisa menikmati sajian peringatan Bulan Bung Karno ini,” sambungannya.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan bahwa dalam Webinar yang digelar dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno juga membahas persiapan new normal atau normal baru di sektor pariwisata.

Menurutnya, saat ini Pemkab Blitar masih merumuskan dan mengkaji persiapan normal baru sektor pariwisata di Kabupaten Blitar.

“Intinya, persiapan normal baru di industri pariwisata dan sekor lain tetap mengarah ketiga hal, yaitu, kesehatan, kebersihan termasuk penyediaan makanan sehat dan keamanan. Nanti akan kami buatkan peraturan bupati soal itu,” tukasnya.





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here