BALITAR.ID, Blitar – Para pecinta burung perkutut dari berbagai daerah berkumpul di Lapangan Kantor Pemerintah Kabupaten Blitar, pada Minggu (18/08/2019). Mereka berlomba memperebutkan piala Bupati Blitar Cup 2019.

Bersama Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar, Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia membuat lomba tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi Blitar ke 695 dan juga peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74.

Dalam perlombaan burung anggungan ini ada 4 kategori kelas burung perkutut yang diperlombakan. Antara lain, Dewasa Senior 2 Blok, Dewasa Junior 3 Blok, Piyik Junior 3 Blok, Piyik Hanging 4 Blok.

Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso yang membuka kegiatan tersebut sangat mengapresiasi antusiasme para pecinta burung perkutut yang telah menggelar lomba. Dengan lomba ini diharapkan menambah kelestarian perkutut dan menambah nilai jualnya

“Burung perkutut ini merupakan burung peliharaan para raja, maka terselenggaranya liga perkutut ini diharapkan memiliki nilai tambah, sehingga bisa mempunyai nilai jual tinggi dan menambah daya tarik dunia pariwisata di Blitar ,” katanya.

Suhendro menambahkan, pihaknya sangat mendukung lomba burung perkutut tingkat Jawa Timur tersebut. Dia berharap nantinya Lomba Perkutut ini bisa naik kelas menjadi tingkat nasional melihat peminatnya pun cukup banyak.

Sementara itu, Bupati Blitar, Rijanto menambahkan, bahwa pihaknya bersama sejumlah Kepala OPD dan jajaran Forkompinda Kabupaten Blitar sangat mendukung untuk terselenggaranya lompa perkutut tingkat Nasional tahun depan.

“Silahkan lebih diramaikan lagi tahun depan untuk lomba tingkat Nasional. Kebetulan sekarang di Blitar juga banyak yang mulai budidaya perkutut, termasuk Pak Camat Talun dan Camat Srengat ini juga peng hobi perkutut. Jadi diharapkan nantinya akan muncul peternakan baru di Blitar dan bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat Kabupaten Blitar,” tutup Bupati.