BALITAR.ID, Blitar – Ada yang berbeda pada peringatan Hari Jadi Blitar ke 696. Peringatan Hari jadi Blitar tahun ini dirayakan dengan kegiatan-kegiatan sederhana dan khidmat. Meski sederhana, peringatan hari jadi Blitar tetap diisi dengan kegiatan-kegiatan yang penuh makna.

Mengingat tahun ini masih menghadapi wabah Virus Corona, sehingga jika dilakukan acara perayaan Hari Jadi Blitar seperti tahun-tahun sebelumnya akan beresiko tinggi.

Salah satu kegiatan peringatan hari jadi Blitar ke 696 diisi dengan kegiatan ziarah makam leluhur yang dipimpin langsung oleh Bupati Blitar Rijanto bersama Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo didampingi Ketua DPRD Kabupaten Blitar dan juga Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar. Ziarah makam leluhur dilaksanakan di makam Adipati Ariyo Blitar, makam Syech Subakir Penataran, makam Bung Karno dan makam Pangeranan.

“Peringatan hari jadi Blitar tahun ini kita peringati dengan kegiatan sederhana namun tetap penuh khidmat. Karena saat ini masih dalam masa pandemi peringatan hari jadi Blitar ke 696 ini kita isi dengan kegiatan sederhana salah satunya yakni ziarah ke makam-makam leluhur, acara hari jadi Blitar selanjutnya diisi tirakatan dan acara Pisowanan Agung dengan sesederhana mungkin,” ungkap Bupati Rijanto, Selasa (4/8/2020).

Bupati menjelaskan, rangkaian Hari Jadi pada tahun ini sangat disederhanakan karena masih dalam kondisi yang memprihatinkan yaitu tertimpa musibah corona. Sehingga sejumlah agenda banyak yang ditiadakan.

“Di dalam kondisi saat ini, kita memang perlu prihatin, sehingga kami mohon kepada masyarakat ikut bantu mendo’akan agar Hari Jadi Blitar ke- 696 ini wabah virus corona segera hilang dari bumi Nusantara,” tutur Bupati.

Sekedar untuk diketahui, Peringatan Hari Jadi Blitar ke 696 kali ini diperingati dengan sederhana dan menggunakan protokol kesehatan Covid-19. Prosesi Pisowanan Agung dan pagelaran kesenian di Pendopo Ronggo Hadinegoro akan disiarkan live pada Rabu 5 Agustus 2020 di sosial media Pemkab Blitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here