BALITAR.ID, Blitar – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, ribuan masyarakat  Kota Blitar dimanjakan beragam hiburan menarik di pawai budaya lokal dan nusantara yang digelar Pemerintah Kota Blitar pada Sabtu (24/08/2019) siang.

Dengan mengambil tema ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’, pawai budaya ini diisi dengan berbagai tampilan kekayaan budaya dan kekhasan yang ada di Indonesia.

Para peserta yang terdiri dari berbagai instansi pemerintah mulai dari kelurahan, kecamatan dan juga instansi pendidikan di Kota Blitar berlomba-lomba menampilkan kreasi terbaiknya. Salah satunya tokoh Bung Karno yang erat dengan Kota Blitar.

Kemudian berbagai kreasi tradisi dan budaya Indonesia juga turut mewarnai kemeriahan pawai karnaval yang rutin digelar oleh Pemkot Blitar tersebut.

Puluhan peserta pawai kebangsaan tersebut resmi diberangkatkan oleh Plt Wali Kota Blitar, Santoso pada pukul 13.00 dimulai di depan kantor Walikota Blitar ke timur arah timur Jalan Merdeka, dan finish di Jalan Sundanco Supriyadi Kota Blitar.

Dalam sambutannya Plt Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan pawai kebangsaan ini merupakan bentuk syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan pahlawan Kusuma bangsa 74 tahun yang lalu yakni kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kita tinggal mengisi hasil pembangunan, kita tidak pernah membayangkan bagaimana 74 tahun lalu para pahlawan memeras keringat, meneteskan air mata bahkan tetesan darah membasahi bumi persada ini,” kata Santoso saat memberikan sambutan pembukaan pawai kebangsaan tersebut.

Dia menambahkan, saat ini perjuangan merebut Kemerdekaan Republik Indonesia masyarakat Blitar khususnya tidak perlu mengangkat senjata, akan tetapi lebih kepada mengisi kemerdekaan dengan menjalankan pembangunan bangsa yang lebih baik.

“Saat ini tugas kita bagaimana mengisi pembangunan dan jerih payah perjuangan pahlawan bangsa ini di kota blitar agar terwujud gerak pembangunan yang lebih baik,” terangnya.

Selain itu, santoso juga menegaskan, bahwa di Kota Blitar disemayamkan founding father, penggali Pancasila sekaligus pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Ir Soekarno. Oleh karena itu, Pemkot Blitar wajib membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada seluruh warga Blitar.

“Mudah mudahan semangat dan api perjuangan dari Bung Karno sebagai pendiri NKRI sebagai penggali Pancasila dapat kita warisi ,” tegasnya.

Setelah sesi sambutan berakhir, beragam kreasi peserta pawai diberangkatkan. Disitu para peserta berlomba-lomba menampikan kreativitasnya didepan panggung kehormatan. Terbukti berbagai kreativitas peserta mampu menyedot perhatian ribuan warga, dari berbagai daerah.

Mereka merasa terhibur dengan adanya pawai tersebut, hingga menyemut disepanjang rute perjalanan pawai dan terus bertahan di bawah terik matahari.

Salah satunya, Siska (34) warga Kelurahan Kepanjenkidul. Dengan membawa kedua anaknya ia rela berdesak-desakan diantara penonton. Menurutnya hal itu sudah menjadi kebiasaan setiap tahun untuk ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

“Hiburan buat anak-anak dan mengenalkan mereka peringatan kemerdekaan tiap agustusan. Terus juga mengenalkan keragaman budaya Indonesia,” tuntasnya.