BALITAR.ID, Blitar – Surfing atau selancar tergolong olahraga air yang cukup ekstrim. Berselancar di tengah gulungan ombak, tentu menjadi salah satu alternatif wisata yang seru dan mendebarkan untuk memacu adrenalin anda.

Bagi kalian para traveler, utamanya di Blitar dan sekitarnya, sensasi surfing di tengah gulungan ombak pantai selatan kini bisa kalian lakukan tanpa harus jauh-jauh pergi ke daerah lain. Saat ini ada wahana Surfing Lesson di Pantai Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

Pantai Serang memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi dan merupakan pantai pasir, menjadikan pantai ini aman dan nyaman untuk dijadikan tempat untuk berselancar bagi peselancar pemula maupun profesional.

Bagi kalian yang datang dari luar kota, tidak perlu khawatir jika tidak memiliki papan selancar. Di pantai ini deretan papan selancar sudah disediakan oleh pengelola.

Instruktur surfing Pantai Serang bersiap mendampingi peselancar (Foto: Tim Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar)

Hanya dengan merogoh kocek Rp 100 ribu, kalian para traveler dapat berselancar selama 1 jam dengan panduan materi tentang berselancar dan langsung praktik dengan didampingi instruktur selancar.

“Untuk sewa papan selancar kita patok harga Rp 100 ribu per papan, untuk surfing kita akan berikan arahan materi tentang selancar dan kita dampingi selama pengunjung berselancar,” ungkap David Nafiria (21) salah satu instruktur surfing lesson Pantai Serang.

Dia menuturkan, awalnya ide membuat wahana selancar ini muncul dari para pemuda Pantai Serang. Berawal dari hobi serta pengalaman belajar berselancar otodidak, David bersama rekan-rekannya memberanikan diri untuk membuat wahana surfing lesson di Pantai Serang.

“Awalnya kita main-main surfing biasa, belajar otodidak lewat YouTube beberapa orang saja, dari situ Kades Serang, Pak Handoko tau ada komunitas peselancar lokal akhirnya kita ditawari untuk bikin wahana surfing,” ungkapnya.

David menuturkan, meski selancar di Pantai Serang tergolong wahana yang masih baru dan diutamakan bagi pemula, pihaknya sangat mengutamakan keselamatan para peselancar. Misalnya ketika kondisi ombak kurang memungkinkan, pengunjung tidak disarankan untuk berselancar.

“Untuk kemaamanan pengunjung yang ingin mencoba surfing ini akan kita dampingi terus. Selain itu kita juga lihat kondisi ombak, apabila kondisi ombak kondusif kita siap berselancar. Kalau kondisi tidak memungkinkan kita tidak mengijinkan tentunya,” jelasnya.

Bagi kalian traveler yang ingin mencoba surfing disarankan untuk reservasi online terlebih dahulu di surfingserangbeach. Apabila kondisi cuaca dan ombak sedang baik kalian akan dikabari waktu terbaik untuk berselancar.

“Sebelum mencoba selancar di Pantai Serang, pengunjung tentunya diberikan ilmu dasar berselancar oleh instruktur kami, mulai bagaimana cara naik di atas papan, bagaimana menjaga keseimbangan, bagaimana momen yang pas dengan kondisi ombak dan juga bagaimana prosedur keselamatan saat berselancar,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here