BALITAR.ID, Blitar – Setelah enam bulan terakhir tutup sementara, sejumlah destinasi wisata cagar budaya di Kabupaten Blitar mulai beroperasi dan dibuka kembali untuk umum sejak awal September 2020.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso pada Senin (7/9/2020). Menurutnya, pembukaan kembali cagar budaya tersebut berdasarkan surat resmi dari Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Mojokerto.

“Dari BPCB Mojokerto telah menyampaikan surat resmi kepada kami bahwa BPCB telah siap menerapkan SOP protokol kesehatan di candi dan situs mulai awal September kemarin,” ungkapnya.

Menurut Suhendro, melalui surat resmi dari BPCB Jawa Timur tersebut ada sejumlah 32 situs dan candi di Kabupaten Blitar yang sudah bisa dikunjungi. Untuk itu, pihak BPCB juga telah menyiapkan sarana prasarana protokol kesehatan yang ketat di masing-masing situs dan cagar budaya.

“Dari BPCB juga sudah siap untuk menerapkan SOP protokol kesehatan. Sehingga mulai 1 September ini candi candi dan situs sudah bisa dikunjungi. Dengan protokol kesehatan ketat,” jelasnya.

Selain itu, Suhendro mengatakan saat ini telah ada 15 destinasi wisata yang telah buka di Kabupaten Blitar. Destinasi tersebut lolos verifikasi dari tim gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Blitar dan telah menerapkan protokol kesehatan sehingga boleh boleh beroperasi dan dibuka kembali.

“Selain cagar budaya, sampai saat ini juga ada 15 destinasi lain juga telah dibuka kembali. 15 destinasi tersebut telah lolos verifikasi dan diperbolehkan buka dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” ujarnya.

Suhendro menegaskan, pihaknya bersama gugus tugas dan OPD terkait akan terus memantau 15 destinasi tersebut agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Menurutnya setiap destinasi wisata termasuk situs dan cagar budaya yang ada, harus melaporkan seluruh perkembangan di tempat wisatanya.

“Kita bersama tim gugus tugas dan juga OPD terkait akan terus memantau perkembangan di masing-masing destinasi dan cagar budaya yang sudah diijinkan untuk buka tersebut. Tentu apabila ditemukan kejadian atau laporan, segera kita melangkah bersama gugus tugas,” tuntasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here