BALITAR.ID, Blitar – Homestay saat ini merupakan salah satu strategi dari pemerintah untuk menggalakkan pariwisata berbasis masyarakat. Secara umum tidak hanya bisnis homestay, bisnis pariwisata saat ini semakin menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan masayarakat.

Keberadaan homestay yang dikelola langsung oleh masyarakat diharapkan bisa mendukung berkembangnya kegiatan pariwisata di suatu daerah. Untuk itu, Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar menggelar kegiatan Pelatihan Homestay yang diikuti oleh sebanyak 50 orang pengelola homestay dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Blitar, Senin-Kamis (28-31/10/2019).

Bertempat di Gedung Graha Bhakti Budaya Disparbudpora Kabupaten Blitar, kegiatan ini diisi dengan kegiatan padat materi tentang pengelolaan homestay yang disampaikan Yoyok S dari PHRI Blitar tentang Manajemen Tata Graha dalam Pengelolaan Homestay, Peranan Homestay dalam Pengembangan Community Based Tourism yang disampaikan oleh Andi Yuwono Ketua ASIDEWI Indonesia, Kebersihan dan Kesehatan dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Homestay dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar yang disampaikan Endro Pramono serta materi tentang Baik Halal Makanan dan Minuman dalam Pelayanan Homestay yang disampaikan oleh Sekjen MUI Kabupaten Blitar Ahmad Suudi.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Usaha Pariwisata Disparbudpora Kabupaten Blitar, Arinal Huda mengatakan, pelatihan ini merupakan kegiatan dalam rangka meningkatkan daya saing pariwisata di Kabupaten Blitar. Dimana homestay merupakan salah satu agenda penting bagi Kelompok Sadar Wisata di Kabupaten Blitar, terutama untuk menunjang pengembangan sarana pariwisata di Kabupaten Blitar.

“Dalam upaya mengembangkan pariwisata di Kabupaten Blitar, kita perintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar mempunyai strategi, diantaranya pemgembangan pariwisata dan promosi pariwisata pengembangan daya tarik destinasi wisata itu tidak hanya berupa pengembangan fisik, akan tetapi yang tidak kalah penting adalah pengembangan SDM pariwisata, kali ini dengan meningkatkan pengelolaan homestay” terangnya.

Dia menambahkan, sektor pariwisata yang berkembang saat ini adalah wisata pedesaan atau desa wisata. Desa wisata merupakan suatu sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata yang merupakan integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung lainnya. Wisatawan disuguhkan berbagai atraksi dan kehidupan masyarakat dengan tinggal bersama dengan masyarakat. Oleh karena itu, sebagian penduduk di desa wisata di Blitar telah menyiapkan rumah tinggalnya sebagai homestay bagi wisatawan.

“Dengan diadakannya Pelatihan Pengelolaan Homestay ini diharapkan usaha homestay, itu benar-benar memiliki kualitas yang terstandardisasi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Kami yakin dan percaya, dengan diadakannya Pelatihan kali ini para pelaku dan pengelola homestay akan memperoleh ilmu tentang bagaimana pengelolaan homestay yang baik dan benar serta profesional,” tambahnya.

Lebih lanjut Huda mengatakan, perkembangan homestay di Kabupaten Blitar semakin pesat. Seiring perkembangan pariwisata di Kabupaten Blitar juga menunjang kunjungan wisatawan, yang mana hal itu membawa dampak kebutuhan penginapan disekitar destinasi di Kabupaten Blitar.

“Secara kuantitatif perkembangan homestay di Kabupaten Blitar sebenarnya sudah cukup banyak yang terdata di kami saja ada sekitar 90 lebih homestay yang tersebar di Kabupaten Blitar. Dimana pada masing-masing homestay minimal memiliki 1-2 kamar,” paparnya.

Oleh karena itu, dia berharap, dengan diadakannya pelatihan ini standart pengelolaan homestay di Kabupaten Blitar semakin meningkat. Terutama pada pelayanan pemilik homestay kepada pengunjung, sehingga diharapkan pelayanan yang memuaskan dapat membawa daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Blitar.

“Kami berharap dengan pelatihan pengelolaan homestay yang dilaksanakan di hari ini dan besok sampai besok lusa praktek di lapangan para pengelola homestay di Blitar bisa yang baik dan profesional,” tandasnya.