BALITAR.ID, Blitar – Belakangan ini sektor pariwisata menjadi perhatian serius pembangunan daerah Pemerintah Kabupaten Blitar. Kali ini dengan menggandeng Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar dan Badan Promosi Pariwisata Daerah Pemkab Blitar melaunching program Paket Wisata Pelajar bagi tiap sekolah di Kabupaten Blitar, Selasa (23/07/2019).

Program ini tidak lain ditujukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan juga sebagai sarana wisata edukasi bagi para pelajar di tiap sekolah di Kabupaten Blitar.

Kegiatan Fam Trip ini diikuti oleh sekitar 400 perwakilan siswa-siswi Paud, TK, SD, SLTP maupun SLTA se-Kabupaten Blitar bersama jajaran tenaga pendidik dan didampingi langsung oleh Bupati Blitar Rijanto bersama jajaran OPD terkait.

Di awali di Pendopo Ronggo Hadi Negoro sebagai titik awal pemberangkatan sekaligus destinasi pertama, dilanjutkan ke beberpa destinasi wisata edukasi diantarnya wisata Negeri Dongeng, wana wisata Kesambi Trees Park dan juga wisata Istana Sakura.

Dalam Kesempatan tersebut Bupati Blitar, Rijanto menyampaikan Banyak terimakasih pada Dinas Parbudpora, Dinas Pendidikan dan Bapparda yang telah menindaklanjuti gagasan yang bagus bagi pembangunan daerah Kabupaten Blitar dengan mengadakan program Paket Wisata Pelajar ini.

“Kita ketahui bersama bahwa potensi pariwisata di Blitar ini cukup luar biasa, akan tetapi nampaknya tidak semua orang, khususnya pelajar itu tau destinasi-destinasi wisata di Blitar. Malah kebanyakan lebih tau destinasi wisata diluar Blitar, misalnya wisata pantai Kuta di Bali, Gunung Bromo, mungkin Jatim Park di Batu, ada Candi Borobudur. Akan tetapi mereka Candi Penataran sendiri yang di Blitar malah tidak tau, apalagi Pantai Serang, Pantai Peh Pulo dan seperti sekarang kita di Kesambi Trees Park ini banyak yang belum tau,” terang Bupati.

Oleh karena itu, trobosan dari Dinas Parbudpora bersama Dinas Pendidikan dan Bapparda melalui program pengenalan wisata yang dikemas melalui paket wisata edukasi pendidikan ini dinilai sangat baik untuk meningkatkan kunjungan wisata dan pendidikan di Kabupaten Blitar.

Bupati berharap, nantinya jangan sampai masyarakat Blitar khususnya para pelajar ini berwisata keluar daerah dulu sebelum tau wisata di daerah kita sendiri. “Oleh karena itu, kita tadi juga menyampaikan slogan ‘Olas Kembar’ yang kepanjangnya Ojo lungo adoh sak durunge kemput Blitar,” sambung Bupati.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Budi Kusumarjoko, menindak lanjuti program tersebut pihaknya telah menghimbau sekolah-sekolah di Kabupaten Blitar untuk tidak berwisata keluar daerah sebelum siswa-siswinya mengenal wisata di Kabupaten Blitar.

“Program ini sebagai tindak lanjut dari program kita beberapa waktu lalu yang pernah macet ditengah jalan karena tidak ada yang menjembatani kegiatan wisata edukasi Pendidikan dengan dinas terkait, dan sekarang waktu yang ditunggu telah tiba, kini kami bersama Dinas Parbudpora dan Bapparda berkumpul dan bersinergi dalam program paket Wisata Pelajar yang kita launching hari ini,”

Sementara itu, Kepala Dinas Parbudpora Suhendro Winarso menambahkan pihaknya bersama Dinas Pendidikan dan Bapparda akan terus memantau dan meningkatkan jalannya program Paket Wisata Pelajar ini.

“Tentunya hari ini adalah awal yang baik sinergi kita yakni Disparbudpora bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar dan juga Bapparda, untuk kedepannya secara teknis akan segera kita tindak lanjuti bersama untuk lebih meningkatkan lagi keberlangsungan program paket wisata pelajar ini sehingga nantinya dapat membawa kemajuan bagi Kabupaten Blitar,” pungkas Suhendro.