BALITAR.ID, Blitar – Memiliki destinasi wisata alam nan indah yang banyak dikunjungi wisatawan Nusantara dan mancanegara, Kabupaten Blitar mulai berbenah. Saat ini Pemkab Blitar sedang membangun gedung Tourist Information Center di Kecamatan Wlingi yang nantinya berfungsi sebagai pusat informasi wisata.

Tourism Information Center (TIC) dibangun dengan alokasi anggaran Rp 1,6 miliar. Pembangunan pusat informasi pariwisata ini berlokasi di eks Kantor Kawedanan Wlingi yang kini dipergunakan sebagai Kantor Rumah Blitar Kreatif. TIC dibangun untuk memudahkan wisatawan menggali informasi tentang wisata di Kabupaten Blitar, utamanya kawasan wisata Sirah Kencong yang menjadi fokus pembangunan wisata pemerintah.

Mulai dibangun Juli 2019 dan ditargetkan selesai akhir tahun ini, pembangunan TIC terus dipantau oleh bupati dan wakil bupati Blitar. Untuk memastikan kelancaran pembangunan, Bupati Blitar Rijanto dan Wakil Bupati Marhaeinis Urip Widodo meninjau pelaksanaan pembangunan TIC bersama-sama dengan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) teknis terkait, Jumat (4/10/2019). Peninjauan ini dilaksanakan untuk memastikan kelancaran pembangunan.

“Kami tengah gencar-gencarnya membangun pariwisata.  Nanti wisata Sirah Kencong ini jadi akan membawa multieffect bagi Kabupaten Blitar. TIC ini untuk memudahkan akses informasi bagi wisatawan,” ungkap Bupati Rijanto kepada awak media.

Pembangunan TIC ini masih sekitar 40% dan bulan Desember harus sudah rampung. Bupati berharap tahun ini TIC bisa diresmikan dan tahun depan sudah bisa digunakan oleh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Blitar.

Dari kunjungan ini, bupati memberikan beberapa catatan kepada Dinas Parpudpora selaku OPD teknis yang menangani pembangunan. “Hari ini tadi saya pagi ke sini, pekerja-pekerja belum ada. Kami mendorong kepada rekanan untuk cepat menyelesaikan pekerjaan. Lalu kemudian ada beberapa pohon yang harus dirapikan. Soalnya, kalau tidak dirapikan, ada kesan angker. Padahal RBK ini harusnya jangan ada kesan angker karena harusnya tempat ini untuk rekreasi. Saya minta Dinas Lingkungan Hidup untuk merapikan,” paparnya.

Lebih dalam bupati ingin keberadaan TIC yang satu kompleks dengan Rumah Blitar Kreatif dan satu sistem dengan wisata Sirah Kencong akan membawa warna tersendiri bagi pariwisata Kabupaten Blitar.

“Di RBK ini selain TIC ada kulinernya, ampitheater, radio. Dan ini akan kami lengkapi dengan fasilitas rest area di jalan masuk wisata Sirah Kencong. Kawasan wisata Sirah Kencong kalau kita garap dengan baik akan sangat luar biasa, investor pun akan tertarik membangun hotel di sana,” pungkas nya.