BALITAR.ID, Blitar – Kawasan wisata Kabupaten Blitar mulai melakukan uji coba kunjungan wisata dengan pola adaptasi baru atau new normal.

Selain destinasi wisata buatan, kini kawasan wisata alam Pantai Serang di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar mulai beroperasi dan menerima kunjungan wisatawan pada hari pertama.

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari pintu masuk kawasan Pantai Serang para petugas tiketing lengkap dengan mengenakan masker, faceshield dan sarung tangan, nampak mengecek suhu tubuh setiap pengunjung yang datang. Selain melayani pemesanan tiket, mereka juga mewajibkan pengunjung untuk cuci tangan dan memakai masker.

Meski akhir pekan, pengunjung yang datang tidak sepadat biasanya. Pengunjung nampak cukup disiplin menggunakan masker dan melakukan phsycal distancing saat berada di kawasan wisata.

Petugas tiket kawasan wisata Pantai Serang memeriksa para pengunjung yang datang (Foto: Malik Naharul/BALITAR.ID).

Salah satunya pengunjung asal Kota Blitar, Nanik (35) mengatakan, setelah tiga bulan diam di rumah dirinya merasa bosan dan ingin berwisata bersama keluarga. Menurutnya, memilih berwisata di tempat terbuka seperti pantai akan lebih mudah untuk menerapkan phsycal distancing.

“Kita sekeluarga memang suka main di pantai, anak saya udah lama ngaja ke pantai, Alhamdulillah sekarang sudah mulai buka. Kalau di pantai kan tempatnya kan luas jadi kita lebih mudah jaga jarak, selain itu kan bisa bisa mainan dipantai jadi tidak banyak kontak dengan wahana-wahana permainan,” ungkap Nanik saat ditemui BALITAR.ID, Sabtu (4/6/2020).

Nanik mengaku, tahu bahwa Pantai Serang telah dibuka kembali melalui sosial media. Menurutnya, dia sudah lama sekali tidak beriwisata semenjak adanya pandemi Covid-19.

“Awalnya tahu udah buka dari sosial media kalo Pantai Serang sudah mulai buka, ya awalnya was-was tapi coba kita datang sudah disambut dengan protokol kesehatan yang baik, jadi ngrasa tenang yang penting tetap jaga jarak dengan pengunjung lain,” jelasnya.

Para pengunjung nampak bersantai menikmati suasana Pantai Serang (Foto: Malik Naharul/BALITAR.ID)

Sementara itu, Kepala Desa Serang Dwi Handoko mengatakan, hari pertama pembukaan kawasan Pantai Serang ini merupakan masa uji coba penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Hari ini kita sebenarnya masih uji coba, dengan menerapkan protokol kesehatan. Nantinya tim Gugus Tugas akan mengecek kesini pada hari senin. Semoga lolos verifikasi protokol kesehatan dan seterusnya kita bisa buka kembali,” jelasnya.

Menurutnya, pada minggu pertama pembukaan kawasan wisata Pantai Serang pengunjung tidak akan terlalu ramai seperti biasanya. Meski demikian, pihaknya ingin protokol kesehatan bisa diterapkan dengan secara maksimal, hal itu belaku bagi petugas maupun wisatawan.

“Selam uji coba ini kita harapkan penerapan protokol kesehatan bisa dilakukan dengan baik. Makanya kunjungan pun kita batasi, itu pun masih jauh dari prediksi. Untuk hari ini mungkin masih sekitar 500 pengunjung saja,” sambungnya.

Lebih lanjut, Handoko menghimbau bahwa untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Serang hendaknya mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan. Selain itu, pengunjung dari luar daerah juga belum disarankan untuk berkunjung untuk mengurangi potensi penularan Covid-19.

“Harapannya pengunjung yang ingin berkunjung ke Serang syaratnya harus sehat. Kalau kita cek suhu tubuh ternyata melebihi batas kita sarankan untuk istirahat terlebih dahulu, kalau suhunya masih tinggi kita sarankan untuk pulang. Selain itu, pengunjung dari luar kota juga belum disarankan, meskipun belum ada himbauan,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here