BALITAR.ID, Blitar – Memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 75, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75  Provinsi Jawa Timur di Alun-Alun Kantor Pemerintah Kabupaten Blitar di Kanigoro, Senin (12/10/2020) pagi.

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, upacara tersebut dipimpin oleh Pejabat sementara (Pjs) Bupati Blitar Budi Santosa dan diikuti oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat (OPD), perwakilan ASN di lingkungan Pemkab Blitar serta jajaran Forkompinda Kabupaten Blitar.

Dalam amanat upacara, Pjs Bupati Blitar Budi Santosa selaku inspektur upacara membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.  Dalam sambutannya, Khofifah mengajak seluruh ASN dan elemen masyarakat di Jawa Timur untuk bersama-sama ikut mengawal program Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur maju.

“Sesuai dengan tema HUT Ke 75 Provinsi Jawa Timur yakni Semangat Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur maju. Seperti disampaikan Ibu Gubernur Khofifah dalam sambutannya tadi untuk masyarakat Blitar untuk membangun menciptakan kinerja terus saling bahu membahu memahami Nawa Bhakti Satya itu. Oleh karena itu aparatur atau pemerintah harus hadir menyampaikan sosialisasi dan saling bersinergi untuk membangun Kabupaten Blitar dan Jawa Timur semakin maju,” ungkap Pjs Bupati Blitar Budi Santosa.

Dalam kesempatannya, Pjs Bupati Blitar, Budi Santosa juga sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh ASN lingkup Pemkab Blitar yang ikut upacara sebagai wujud disiplin sebagai aparatur negara dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Hal ini juga sebagai momentum untuk membangun semangat sehingga kinerja mengalami peningkatan secara kualitas, kuantitas maupun pencapaiannya.

“Seperti yang disampaikan Ibu Gubernur dalam sambutannya tadi, peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur yang ditandai dengan penyelenggaraan pemerintahan pada tanggal 12 Oktober 1945 yang dipimpin oleh Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo sebagai Gubernur yang melandasi penentuan hari jadi Provinsi Jawa Timur. Masyarakat Jawa Timur yang identik dengan semangat gotong royong telah menjadi modal dasar pembangunan sejak kepemimpinan terdahulu yang mencerminkan semangat juang dan kebersamaan masyarakat dengan capaian pembangunan yang ada di Jawa Timur dengan tujuan mewujudkan Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur maju dan sejahtera,” jelasnya.

Menurutnya, momentum peringatan hari jadi pemerintah Provinsi Jawa Timur diperlukan untuk terus meningkatkan kinerja pembangunan daerah sebagai salah satu implementasi Nawa Bhakti Satya. Di Kabupaten Blitar pelaksanaan program tersebut berjalan dengan baik, terutama berbagai program yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

“Selama ini kita ketahui Nawa Bhakti Satya ini dikawal betul oleh Ibu Gubernur, diantaranya beliau juga blusukan ke Kampung KB, ikut dalam patroli Yustisi, ke tempat wisata seperti Kampung Coklat dan juga peresmian RSUD Srengat beliau juga hadir. Dan hasilnya luar biasa, Ibu Gubernur sangat mengapresiasi Kabupaten Blitar masuk dalam salah satu daerah yang cukup makmur,” urainya.

Oleh karena itu, Pjs Bupati Blitar Budi Santosa mengajak kepada ASN dan seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kinerja, bahu membahu membangun daerah Kabupaten Blitar dan Jawa Timur semakin maju. Dalam kesempatan tersebut dia juga menghimbau pada seluruh ASN untuk tetap menjaga netralitas menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2020 kali ini.

“Tentunya kinerja pembangunan di Kabupaten Blitar harus lebih kita tingkatkan lagi pengimplementasian Nawa Bhakti Satya itu tadi. Menjelang Pilkada serentak ini tadi sudah saya bacakan untuk ASN agar tetap menjaga netralitas. Terus kita tingkatkan kinerja untuk Jatim Amanah, bagaimana integritas, sinergitas membangun daerah,” tuntasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here