BALITAR.ID, Blitar – Sejumlah kelompok komunitas masyarakat bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar dan Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar menggelar Festival Kali Bersih.

Festival yang digelar dalam rangka memperingati Hari Bumi dan Air sedunia tahun 2019 ini diisi dengan beragam kegiatan dan puncaknya dipusatkan di Badher Bank, Desa Tawangsari, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, Sabtu (27/4/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar Rijanto berkesempatan hadir dan ikut menebar ribuan benih ikan di Badher didampingi Kepala DLH Pemkab Blitar Krisna Triatmanto, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Dewa Ruci Sungai Brantas Desa Jugo, beserta jajaran perangkat Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar. Jenis benih ikan yang ditebar diantaranya ikan Tawes dan Tombro.

“Kita harus peduli dengan lingkungan kita, termasuk sungai ini jangan dijadikan pembungan sampah, jangan sampai sungai jadi aliran limbah harus kita jaga kebersihan dan kelestariannya. Maka kita kampanyekan kebersihan lingungan ini dengan menebar ribuan benih ikan di Badher Bank di aliran sungai brantas,” ujar Bupati Rijanto.

Sebelumnya Bupati bersama rombongan juga melakukan kegiatan menanam pohon, setelah itu menyusuri sungai dan menebar ribuan benih ikan di aliran Brantas di wisata Konservasi Badher Bank Desa Tawangrejo, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar.

“Keberadaan Badher Bank ini menjadi bukti keberhasilan dalam menggugah kesadaran masyarakat akan fungsi sungai. Kegiatan ini kedepan akan kita agendakan dan terus berlanjut supaya ikan di sungai Brantas Khususnya di wisata konservasi ikan Bader Bank tetap banyak,” imbuhnya.

Kegiatan Festival Kali Bersih ini dipusatkan di Desa Tawangrejo, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar.  Festival Kali Bersih 2019 digelar mula 22-28 April. Dan terbagi menjadi beberapa rangkaian kegiatan peduli lingkungan diantaranya, Sekolah Lapang Gerakan Terpadu Kali Bersih, Sarasehan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Konservasi dan juga Gerakan Bersih-Bersih Serentak.

Wisata konservasi ikan Badher  Bank sendiri merupakan tempat budidaya ikan sungai khas perairan Sungai Brantas area Blitar seperti ikan uceng, wader merah, dan lain-lain yang terletak di tepi aliran Sungai Brantas di Dusun Tawangrejo, Desa Tawangrejo, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar.

Melihat besarnya potensi keasrian lingkungan di kawasan tersebut, sekelompok masyarakat yang tergabung dalam kelompok masyarakat “Fajar Bengawan” mengubahnya menjadi tempat wisata yang unik dan jarang dijumpai.

“Wisata Konservasi Badher Bank ini bisa dibilang unik, tempat ini merupakan wisata aliran sungai liar sebenarnya, akan tetapi ikannya tidak pernah pindah. Maka keberadaan tempat ini wajib kiranya untuk kita lestarikan”, tutup Bupati.